Search for collections on Undip Repository

AWALNYA TERPAKSA, AKHIRNYA MENIKMATI (STUDI FENOMENOLOGIS DESKRIPTIF KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA REMAJA PUTRI PENGHUNI PANTI ASUHAN)

Sania, Azzahra Verintan and Alfaruqy, Muhammad Zulfa (2023) AWALNYA TERPAKSA, AKHIRNYA MENIKMATI (STUDI FENOMENOLOGIS DESKRIPTIF KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA REMAJA PUTRI PENGHUNI PANTI ASUHAN). Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (130kB)

Abstract

Orangtua memiliki peranan penting dalam tumbuh kembang remaja, termasuk kesejahteraan psikologisnya. Faktanya, terdapat remaja yang harus tinggal terpisah dari orangtua di panti asuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kesejahteraan psikologis pada remaja putri penghuni panti asuhan. Partisipan dalam penelitian ini adalah remaja putri berusia 15-18 tahun, telah tinggal di panti asuhan minimal dua tahun, dan masih memiliki orangtua lengkap yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara. Penelitian menggunakan teknik analisis fenomenologis deskriptif. Hasil penelitian ini menemukan sembilan tema yaitu (1) Kesedihan ketika harus tinggal di panti asuhan (2) Perlakuan kurang baik dari pengasuh panti (3) Teman sebagai support system dan sumber konflik (4) Peredaan emosi ketika memiliki masalah (5) Relasi baik dengan pengurus panti (6) Perlakuan baik dari lingkungan di luar panti asuhan (7) Perubahan positif dan capaian prestasi (8) Optimis mewujudkan harapan (9) Bersyukur dan berusaha menerima diri sebagai makna esensial. Temuan makna pada penelitian ini yaitu, bersyukur dan berusaha menerima diri sebagai penghuni panti asuhan. Penelitian ini memberikan sumbangan ilmu pengetahuan di bidang psikologi positif tentang kesejahteraan psikologis remaja putri penghuni panti asuhan serta memotivasi masyarakat untuk memberikan dukungan pada remaja di panti asuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:31
Last Modified: 05 Feb 2024 02:31
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15520

Actions (login required)

View Item View Item