Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN YURIDIS SENGKETA LOGO/MEREK ANTARA BIKERS BROTHERHOOD MC DENGAN BIKERS BROTHERHOOD 1% MC (Studi Nomor : 3513K/Pdt/2020). - 087 Dagang 2023

YUDA, RACHMAH NIA and Santoso, Budi and Saptono, Hendro (2023) TINJAUAN YURIDIS SENGKETA LOGO/MEREK ANTARA BIKERS BROTHERHOOD MC DENGAN BIKERS BROTHERHOOD 1% MC (Studi Nomor : 3513K/Pdt/2020). - 087 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Secara umum peraturan Peralihan Merek diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis. Lebih spesifiknya bahwa pengaturan Peralihan Merek diatur dalam Pasal 40 ayat 3 dan ayat 4 yang dimana Peralihan ini harus terdaftar dalam Daftar Umum Merek serta terarsip oleh kantor HAKI dan diumumkan resmi oleh Berita Resmi Merek. Namun dalam praktiknya seringkali terjadi penyimpangan terhadap ketentuan dalam peralihanya. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis bagaimana ketentuan dalam peralihan merek menurut UU No 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis dan teori dalam HKI pada Putusan Nomor 3513K/Pdt/2020.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode yuridis normatif, yang digunakan untuk mengetahui dan menganalisis berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan Peralihan merek di Indonesia dan Penerapanya pada Putusan Nomor 3513K/Pdt/2020, sudah sesuai dengan Undang-undang Nomer 20 tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis.
Peralihan Hak atas Merek Terdaftar yang memiliki lebih dari satu merek terdaftar yang mempunyai persamaan pada pokoknya atau keseluruhanya untuk barang dan/atau jasa yang sejenis hanya dapat dilakukan jika semua merek terdaftar tersebut dialihkan kepada pihak yang sama. Pada ketentuannya suatu merek dapat dialihkan dengan beberapa cara antara lain pewarisan, hibah, wasiat, maupun dengan cara perjanjian dalam bentuk akta notaris, atau alasan – alasan yang lain yang dibenarkan oleh undang-undang. Ketentuan ini tertuang pada Undang-Undang No 20 Tahun 2016 Mengenai Merek. Mengenai perlindunganya Indonesia melaksanakan sistem konstitutif alias yang diucap seperti First to file yang merupakan hak akan merek yang tercipta maupun didapat karena registrasi. Karena itu, pihak yang mendapatkan Perlindungan hukum untuk mereknya setelah melalui pendaftaran pada instansi yang resmi dan berwenang, yaitu Direktorat Jenderal HKI.
Kata Kunci : Peralihan, Pengalihan Merek, Kekayaan Intelektual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 27 Oct 2023 09:23
Last Modified: 27 Oct 2023 09:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15508

Actions (login required)

View Item View Item