Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Self-Regulated Learning dengan Resiliensi Akademik pada Mahasiswa Tahun Ketiga Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro

Khairunnisa, Mufidah and Sawitri, Dian R (2023) Hubungan antara Self-Regulated Learning dengan Resiliensi Akademik pada Mahasiswa Tahun Ketiga Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
ABSTRAK_Mufidah Khairunnisa.pdf

Download (163kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-regulated learning dengan resiliensi akademik. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa tahun ketiga Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro yang berjumlah 397 mahasiswa dan sampel terdiri dari 191 mahasiswa (74% perempuan; rata – rata usia = 21 tahun), yang diperoleh dengan menggunakan teknik simple random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Self-Regulated Learning (38 aitem, = 0,94) dan Skala Resiliensi Akademik (32 aitem, = 0,939). Uji hipotesis yang dilakukan menggunakan Spearman’s Rho dan menunjukkan nilai rs = 0,90, p = 0,000. (p < 0,05), yang memberikan gambaran adanya hubungan positif yang signifikan antara self-regulated learning dengan resiliensi akademik. Artinya, semakin tinggi self-regulated learning pada mahasiswa, maka semakin tinggi resiliensi akademik mahasiswa tahun ketiga Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:32
Last Modified: 05 Feb 2024 02:32
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15507

Actions (login required)

View Item View Item