Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA KONGRUENSI KARIER REMAJA-ORANG TUA DENGAN ORIENTASI MASA DEPAN PADA SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 4 KOTA BEKASI

Saputro, Fawziya Amira and Sawitri, Dian Ratna (2023) HUBUNGAN ANTARA KONGRUENSI KARIER REMAJA-ORANG TUA DENGAN ORIENTASI MASA DEPAN PADA SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 4 KOTA BEKASI. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Abstrak_Fawziya Amira Saputro.pdf

Download (92kB)

Abstract

Orang tua memiliki peran yang penting pada pemilihan masa depan pada siswa kelas XII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kongruensi karier remaja-orang tua dengan orientasi masa depan pada siswa kelas XII SMA Negeri 4 Kota Bekasi. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 4 Kota Bekasi yang berjumlah 358 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari 152 siswa (66% perempuan; 34% laki-laki; rata-rata usia = 17 tahun), yang diambil menggunakan teknik snowball sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian dengan menggunakan Skala Kongruensi Karier Remaja-Orang Tua (12 aitem; α = 0,87) dan Skala Orientasi Masa Depan (28 aitem; α = 0,92). Hasil analisis regresi linier menunjukan adanya hubungan positif yang signifikan antara kongruensi karier remaja-orang tua (r = 0,41; p<0,05). Artinya, semakin tinggi kongruensi karier remaja-orang tua maka semakin positif orientasi masa depan pada siswa kelas XII SMA Negeri 4 Kota Bekasi dan sebaliknya. Sumbangan efektif kongruensi karir remaja – orang tua terhadap orientasi masa depan adalah sebesar 20%. Artinya kongruensi karier remaja – orang tua mempengaruhi orientasi masa depan siswa sebesar 20%, sedangkan sisanya dari faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:53
Last Modified: 05 Feb 2024 02:53
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15506

Actions (login required)

View Item View Item