Search for collections on Undip Repository

“KAJIAN YURIDIS TERHADAP PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS JASA TITIP MANCANEGARA PADA TRANSAKSI ELEKTRONIK”. - 089 Dagang 2023

RIANDI, MOHAMAD NOUVAL and Mahmudah, Siti and Sukirno, Sukirno (2023) “KAJIAN YURIDIS TERHADAP PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS JASA TITIP MANCANEGARA PADA TRANSAKSI ELEKTRONIK”. - 089 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi menyebabkan munculnya inovasi baru dalam perdagangan, salah satunya Jasa Titip. Jasa Titip adalah perdagangan berupa penitipan untuk membelikan suatu barang kepada pihak yang berada di suatu daerah atau negara tertentu. Penitipan barang ini dilakukan karena barang hanya tersedia di daerah atau lokasi tertentu. Penyedia jasa titip nantinya akan memberikan biaya ongkos titip yang akan dibebankan kepada konsumen. Dalam praktiknya, masih terdapat permasalahan terkait transaksi jasa titip. Pertama, legalitas akan transaksi tersebut yang berkaitan dengan transaksi perdagangan lintas negara. Kedua, perlindungan konsumen yang belum sepenuhnya terlengkapi. Indonesia memiliki payung hukum perlindungan konsumen dan transaksi elektronik dalam undang-undang terpisah, keduanya yaitu Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Transaksi Elektronik. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif. Pendekatan yang digunakan adalah perundang-undangan, perbandingan, kasus, dan konseptual. Jenis data yaitu data kualitatif dengan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan. Pada penelitian ini ditemukan fakta bahwa membawa barang dagangan dari luar negeri ke Indonesia merupakan perbuatan yang legal selama dijalankan sesuai prosedur. Selain itu, Undang-Undang Perlindungan Konsumen yang disahkan tahun 1999 kurang memadai akan kondisi perkembangan saat ini. Penelitian ini menemukan bahwa jasa titip merupakan praktik yang legal selama menjalankan aturan yang berlaku serta diperlukannya penyesuaian perlindungan konsumen terhadap perkembangan terkini.
Kata Kunci: Jasa Titip; Perlindungan Konsumen; Transaksi Elektronik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 27 Oct 2023 09:23
Last Modified: 27 Oct 2023 09:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15502

Actions (login required)

View Item View Item