Search for collections on Undip Repository

PENGARUH CRM SEBAGAI STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS DAN PENJUALAN (Studi pada Distributor Suku Cadang Kendaraan Roda Dua di Jawa Tengah)

PRABOWO, Theresya Amelia (2023) PENGARUH CRM SEBAGAI STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS DAN PENJUALAN (Studi pada Distributor Suku Cadang Kendaraan Roda Dua di Jawa Tengah). Masters thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._T_Cover_12010121410035.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._T_Abstrak (Inggris)_12010121410035.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._T_Abstrak (Indonesia)_12010121410035.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._T_Daftar_Isi_12010121410035.pdf - Published Version

Download (281kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._T_Daftar_Pustaka_12010121410035.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._T_Fulltext_PDF_Bookmarks_12010121410035.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Manajemen Hubungan Pelanggan atau CRM merupakan sebuah konsep
pemasaran berbasis hubungan antara perusahaan dengan pelanggan yang dilakukan
untuk membangun hubungan jangka panjang dan saling menguntungkan. Dalam
persaingan bisnis yang semakin ketat, CRM dapat diterapkan sebagai strategi
perusahaan untuk memenangkan hati pelanggan sehingga memberikan keuntungan
bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak CRM
terhadap peningkatan penjualan dalam lingkup B2B. Penelitian ini didukung oleh
studi kasus dan data dari perusahaan distributor suku cadang kendaraan roda dua.
Peneltian dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data
dari kuesioner yang dibagikan kepada 100 pelanggan. Responden dalam penelitian
ini adalah pengambil keputusan dari perusahaan yang melakukan transaksi B2B
dalam bidang suku cadang kendaraan roda dua. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa CRM dalam lingkup B2B memiliki pengaruh signifikan terhadap Loyalitas
Pelanggan (Customer Loyalty) dan Keunggulan Bersaing (Competitive Advantage)
Perusahaan. Keunggulan Bersaing perusahaan turut memiliki pengaruh yang
signifikan pada Loyalitas Pelanggan. Secara langsung CRM berpengaruh pada
Peningkatan Penjualan (Increase in Sales) melalui Keunggulan Bersaing, namun
tidak dengan Loyalitas Konsumen. Dimana Loyalitas Konsumen pada penelitian ini
tidak berpengaruh signifikan pada Peningkatan Penjualan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Hubungan Pelanggan, Keunggulan Kompetitif, Loyalitas Konsumen, Peningkatan Penjualan
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Master Program in Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:18
Last Modified: 21 Aug 2023 03:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15497

Actions (login required)

View Item View Item