Search for collections on Undip Repository

Evaluasi Rasionalitas Penggunaan Obat Golongan ꞵ2-Agonis untuk Terapi Asma pada Pasien Geriatri di Instalasi Rawat Jalan RSUP DR. Kariadi Semarang

Putri, Essalafy Julia and Hardian, Hardian and Annisaa', Eva (2023) Evaluasi Rasionalitas Penggunaan Obat Golongan ꞵ2-Agonis untuk Terapi Asma pada Pasien Geriatri di Instalasi Rawat Jalan RSUP DR. Kariadi Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ESSALAFY JULIA PUTRI_22010319130033-TESIS-ABSTRAK)
ESSALAFY JULIA PUTRI-22010319130022-TESIS-ABSTRAK.pdf

Download (285kB)

Abstract

Asma merupakan salah satu penyakit kronis yang umum terjadi di masyarakat. Tercatat kasus penderita asma jauh lebih banyak diderita pada geriatri usia 75 tahun keatas sebanyak 5,1%. Salah satu obat yang dapat digunakan untuk pengobatan asma adalah golongan β2-agonis. Beberapa efek samping dari pengobatan asma menggunakan β2-agonis adalah takikardia, gagal pernafasan, insufisiensi, agregasi adrenal, dan kerusakan hati. Oleh karena itu, perlu dilakukan studi lebih lanjut mengenai rasionalitas penggunaan obat asma, khususnya golongan β2-agonis untuk terapi asma pada pasien geriatri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran rasionalitas pengobatan obat golongan β2-agonis untuk terapi asma pada pasien geriatri di RSUP Dr. Kariadi Semarang. Metode penelitian yang digunakan berupa penelitian observasional dengan rancangan deskriptif analitik. Pengambilan sampel melalui rekam medis dengan teknik total sampling. Data dianalisis secara deskriptif dan diolah menggunakan Microsoft Excel, lalu ditampilkan dalam bentuk tabel yang memuat beberapa gambaran kriteria dari rasionalitas pengobatan asma pada geriatri menggunakan obat golongan β2-agonis. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan obat β2-agonis memenuhi kriteria tepat indikasi 100%, tepat obat 91,6%, tepat dosis 53,3%, dan tepat pasien 93,4%. Berdasarkan kriteria tersebut, diperoleh rasionalitas pengobatan sebesar 48,3%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa rasionalitas penggunaan obat β2-agonis pada pasien asma geriatri sebesar 48,3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: asma, geriatri, β2-agonis, rasionalitas
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 21 Aug 2023 08:08
Last Modified: 21 Aug 2023 08:08
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15492

Actions (login required)

View Item View Item