Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA ACADEMIC SELF-EFFICACY DENGAN ACADEMIC BURNOUT PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Anggraini, Mutiara Rifani and Sawitri, Dian Ratna (2023) HUBUNGAN ANTARA ACADEMIC SELF-EFFICACY DENGAN ACADEMIC BURNOUT PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Undip.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Abstrak_Bab 1.pdf

Download (422kB)
[img] Text
1c. Abstrak Eprints_Mutiara Rifani A.pdf

Download (108kB)

Abstract

Academic self-efficacy merupakan keyakinan mahasiswa pada kemampuannya dalam keberhasilan menyelesaikan skripsi dan tanggung jawab akademiknya. Academic burnout adalah kelelahan secara emosional, mental, dan fisik pada mahasiswa dalam proses pengerjaan skripsi dan menyelesaikan studinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara academic self-efficacy dengan academic burnout pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Populasi penelitian adalah mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro yang berjumlah 280 mahasiswa. Sampel penelitian sebanyak 155 mahasiswa (21,29% laki-laki dan 78,9% perempuan; rata-rata usia = 21-23 tahun) diperoleh dengan menggunakan teknik simple random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Academic Self-Efficacy (36 aitem valid, α = 0,95) dan Skala Academic Burnout (32 aitem valid, α = 0,93). Analisis data menggunakan uji Spearman’s Rho menunjukan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara academic self-efficacy dengan academic burnout (ρ = -0,84, p < 0,00). Artinya, semakin tinggi academic self-efficacy maka semakin rendah academic burnout mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:59
Last Modified: 05 Feb 2024 02:59
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15475

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item