Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN SANITASI LINGKUNGAN RUMAH DAN PERSONAL HIGIENE IBU TERHADAP KEJADIAN STUNTING BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL

MENTARI, DINDA AYU (2023) HUBUNGAN SANITASI LINGKUNGAN RUMAH DAN PERSONAL HIGIENE IBU TERHADAP KEJADIAN STUNTING BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO DINDA AYU MENTARI.pdf - Published Version

Download (433kB)

Abstract

Kasus stunting di wilayah kerja Puskesmas Lebaksiu berada pada enam besar kasus stunting tertinggi di Kabupaten Tegal yang mencapai 24,66% kasus. Kualitas sanitasi lingkungan rumah dan personal higiene menjadi suatu prediktor kuat kasus stunting pada populasi balita Indonesia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengatahui hubungan sanitasi lingkungan dan personal higiene ibu dengan kejadian stunting pada balita. Penelitian ini merupakan observasional analitik dengan desain studi case control. Populasinya adalah seluruh ibu yang memiliki balita stunting berusia 3-5 tahun di wilayah kerja Puskesmas Lebaksiu. Jumlah sampel terdiri dari 45 kelompok kasus dan 45 kelompok kontrol yang dipilih dengan teknik random sampling. Data diperoleh dengan wawancara dan observasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa ada hubungan antara kualitas sarana air bersih (¬p-value 0,006), sarana black water (p-value 0,002), sarana tempat pembuangan sampah (p-value 0,016), sarana grey water (p-value ¬0,033), dan personal higiene ibu (p-value 0,011) dengan kejadian stunting pada balita. Perlu adanya perbaikan kualitas sarana sanitasi di wilayah kerja Puskesmas Lebaksiu dan meningkatkan perilaku personal higiene sebagai upaya pencegahan stunting.

Kata kunci : stunting, balita, sanitasi lingkungan, personal higiene

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 18 Aug 2023 07:39
Last Modified: 18 Aug 2023 07:39
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15470

Actions (login required)

View Item View Item