Search for collections on Undip Repository

Strategi Jepang dalam Kerja Sama Pembangunan Internasional: Bantuan Luar Negeri Jepang Kepada Indonesia Mengenai Pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di Enam Pulau Terluar Indonesia 60HI2023

Rahmadinda, Wahyu (2023) Strategi Jepang dalam Kerja Sama Pembangunan Internasional: Bantuan Luar Negeri Jepang Kepada Indonesia Mengenai Pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di Enam Pulau Terluar Indonesia 60HI2023. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (620kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (155kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (370kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (236kB)

Abstract

Jepang merupakan salah satu negara pemberi bantuan luar negeri terbesar di Indonesia. Kekalahan dalam Perang Dunia II membawa berbagai perubahan untuk Jepang. Adanya keinginan untuk memperbaiki sistem ekonomi serta politik mendorong Jepang untuk membangun hubungan baik dengan berbagai negara. Berjalannya waktu membuat Jepang semakin tertarik untuk menciptakan investasi serta berbagai bantuan lainnya di Indonesia. Hal ini dapat terlihat dari adanya bantuan luar negeri Jepang untuk pembangunan sektor perikanan di beberapa pulau terluar Indonesia. Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) merupakan program yang mendapat dana hibah dari Jepang. Dewasa ini kebangkitan Tiongkok menjadi ancaman kekuatan Jepang di wilayah Indo-Pasifik. Bantuan Jepang diartikan sebagai alat untuk merangkul Indonesia dalam persaingannya dengan Tiongkok di Indo-Pasifik serta Asia Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akan adanya kepentingan nasional Jepang, melalui pemberian bantuan luar negerinya. Penelitian ini merupakan penelitian teoritis dengan menggunakan metode kualitatif. Tulisan ini adalah jenis tulisan eksplanatif dimana bantuan luar negeri dijelaskan sebagai alat untuk merangkul Indonesia serta menjelaskan adanya persaingan antara Jepang dan Tiongkok di Kawasan Indo-Pasifik. Data-data dalam tulisan ini dari berbagai sumber ilmiah seperti karya tulis ilmiah dan jurnal internasional. Penelitian ini menggunakan teori realisme dalam hubungan internasional. Sehingga mampu untuk memperlihatkan bagaimana sifat rasional dalam memberikan bantuan luar negeri serta usaha negara untuk mencapai kekuasaannya.
Kata kunci: bantuan luar negeri, persaingan antar negara, ASEAN, Indo-Pasifik, realisme.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of International Relations
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:48
Last Modified: 02 Nov 2023 07:39
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15450

Actions (login required)

View Item View Item