Search for collections on Undip Repository

MANAJEMEN KOMUNIKASI MRT STARS SURABAYA DALAM MEMPERTAHANKAN KOMITMEN AGEN ASURANSI 71kom2023

ANANDA, MICHAEL LUCKY (2023) MANAJEMEN KOMUNIKASI MRT STARS SURABAYA DALAM MEMPERTAHANKAN KOMITMEN AGEN ASURANSI 71kom2023. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Skripsi_Michael Lucky Ananda_Halaman Awal.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi_Michael Lucky Ananda_Bab 1.pdf - Submitted Version

Download (584kB)
[img] Text
Skripsi_Michael Lucky Ananda_Bab 2.pdf - Submitted Version

Download (542kB)
[img] Text
Skripsi_Michael Lucky Ananda_Bab 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text
Skripsi_Michael Lucky Ananda_Bab 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] Text
Skripsi_Michael Lucky Ananda_Bab 5.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] Text
Skripsi_Michael Lucky Ananda_Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (356kB)
[img] Text
Skripsi_Michael Lucky Ananda_Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)

Abstract

Komitmen agen asuransi sangat penting dalam mendorong kantor pemasaran mandiri
mencapai tujuan organisasi. Namun, kebebasan agen untuk berhenti dan keluar dari profesi
sebagai agen asuransi, akibat tidak adanya kontrak kerja dan kewajiban yang harus dipenuhi
kepada kantor pemasaran mandiri dan leader yang merekrut mereka, menjadi tantangan dalam
menjaga komitmen tersebut. Industri asuransi di Indonesia juga menghadapi masalah tingginya
tingkat turnover agen, yang didukung oleh data AAJI pada tahun 2022 yang menunjukkan
penurunan jumlah agen sebesar 3,5% pada tahun tersebut. Penelitian ini dilakukan di MRT Stars
Surabaya, yang merupakan salah satu kantor pemasaran mandiri PT Prudential Life Assurance
terbesar di Indonesia. Penelitian ini bertujuan menganalisis proses manajemen komunikasi dalam
mempertahankan komitmen agen asuransi di MRT Stars Surabaya.
MRT Stars Surabaya mengimplementasikan manajemen komunikasi dengan efektif dalam
menyatukan seluruh stakeholder internal yang terdiri dari berbagai bisnis unit. Peran penting
juga dimiliki oleh leader dalam meningkatkan kinerja dan komitmen agen untuk berproduksi, yang
berkontribusi pada jumlah penjualan polis di MRT Stars Surabaya. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pendekatan ini
memungkinkan peneliti memahami secara holistik dan bermakna tentang kehidupan nyata dalam
berbagai konteks seperti siklus hidup individu, perilaku kelompok kecil, proses organisasi, dan
perubahan manajerial dalam lingkungan tersebut. Temuan penelitian dianalisis menggunakan
pattern matching, yaitu membandingkan pola yang berbasis empiris dengan pola yang telah
diprediksi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari Teori Kontigensi, Teori Ekuitas,
dan Model Manajemen Komunikasi Michael Kaye.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses manajemen komunikasi di MRT Stars
Surabaya berjalan efektif. Pada aspek komunikasi intrapersonal, dilakukan dengan menanamkan
pemahaman yang benar terkait peran agen dan bisnis asuransi. Aspek komunikasi interpersonal
menjadi pondasi utama pendukung bisnis. Sementara penerapan sistem keagenan mendorong
iklim komunikasi yang konstruktif Aspek kompetensi dapat telihat dari patisipasi aktif dalam
kegiatan di komunitas MRT Stars. Temuan penelian juga menunjukkan bahwa agen yang memiliki
komitmen di bisnis asuransi adalah agen yang memiliki keinginan yang lebih besar daripada
hambatan penolakan yang dialaminya. Hasil penelitian juga mendukung Teori Keadilan dan
menemukan bahwa kepuasan agen akan meningkat jika mereka merasa diperlakukan secara adil.
Komunitas MRT Stars dirasakan membantu dalam meningkatkan kemampuan bisnis asuransi, dan
komitmen terhadap organisasi dapat meningkat jika organisasi tersebut membantu anggotanya
meningkatkan kualitas hidup mereka.
Namun, masih terdapat masalah terkait ketidakmerataan alur informasi keagenan,
sehingga tidak semua agen memiliki akses yang sama terhadap informasi pelaksanaan sistem
keagenan yang di selenggarakan oleh MRT Stars Surabaya. Kesimpulam dalam penelitian ini
menyatakan bahwa sistem keagenan yang diterapkan oleh MRT Stars Surabaya membentuk iklim
komunikasi yang konstruktif di dalam komunitas MRT Stars SurabayaSistem keageann juga
menjadi faktor utama yang mempengaruhi komitmen agen di MRT Stars Surabaya untuk bertahan
dan meraih kesuksesan pada bisnis asuransi.
Kata Kunci: Manajemen komunikasi, Agen, MRT Stars

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 18 Aug 2023 02:13
Last Modified: 02 Nov 2023 03:35
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15440

Actions (login required)

View Item View Item