Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMEGANG POLIS YANG MENGALAMI PENOLAKAN KLAIM ASURANSI KESEHATAN DITINJAU DARI UU PERLINDUNGAN KONSUMEN NO. 8 TAHUN 1999_ 066 Dagang 2023

Nababan, Rona Dona and Saptono, Hendro and Irawati, Irawati (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMEGANG POLIS YANG MENGALAMI PENOLAKAN KLAIM ASURANSI KESEHATAN DITINJAU DARI UU PERLINDUNGAN KONSUMEN NO. 8 TAHUN 1999_ 066 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sebuah asuransi tidak terlepas dari adanya perjanjian antara kedua belah pihak yang mengikat secara hukum antara tertanggung dan penanggung (pihak perusahaan). Asuransi merupakan tindakan, sistem, atau bisnis yang bertanggung jawab atas pergantian suatu kerugian dalam hal kerugian jiwa, property, kesehatan, dari suatu kejadian yang tak terduga seperti kerusakan, atau kematian. Dari pengertian itu kita mengetahui bahwa asuransi itu sangat penting dan diperlukan, seperti asuransi kesehatan, asuransi kesehatan merupakan produk yang menangani masalah kesehatan tertanggung, karena suatu penyakit dan juga menanggung bianya proses perawatan. Dalam dunia asuransi kesehatan tidak tertutup adanya penolakan klaim yang dilakukan oleh pihak perusahaan asuransi, dikarenakan ada beberapa fakto-faktor penyebab penolakan tersebut, yang menyebabkan sengketa antara tertangung dan penanggung dan tentunya ini tidak adil bagi tertanggung, serta karena kekurang pahaman tertanggung kepada pihak mana untuk melapor mengenai penolakan klaim asurani kesehatan tersebut. Tentunya di dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen No. 8 Tahun 1999 juga berkaitan di dalam penolakan klaim tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan hukum ini adalah metode pendekekatan yuridis normatif. Metode pendekatan ini digunakan untuk memperoleh pengetahuan bagaimana perlindungan hukum terhadap pemegang polis yang mengalami penolakan klaim asuransi yang ditinjau dari Undang-Undang Perlindungan Konsumen No. 8 Tahun 1999.

Kata Kunci : Asuransi, Kesehatan, Perlindungan Hukum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Asuransi, Kesehatan, Perlindungan Hukum.
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 30 Oct 2023 07:19
Last Modified: 30 Oct 2023 07:19
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15429

Actions (login required)

View Item View Item