Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN KONSUMEN OBAT TRADISIONAL TANPA IZIN EDAR DARI BPOM (Studi Pada Balai Besar Pengawas Obat dan MakananDi Semarang)_068 Dagang 2023

Aprilia, Rigka and Santoso, Budi and Njatrijani, Rinitami (2023) PERLINDUNGAN KONSUMEN OBAT TRADISIONAL TANPA IZIN EDAR DARI BPOM (Studi Pada Balai Besar Pengawas Obat dan MakananDi Semarang)_068 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Obat tradisional tanpa izin edar adalah salah satu obat tradisional yang diedarkanke masyarakat dengan mencantumkan kode registrasi pada kemasan tetapi tidak terdaftar di BPOMsehingga hal ini dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan pada tubuhkonsumen karena tidak adanya jaminan keamanan, dan kualitas mutu pada obat tradisional tanpa izin edar yang diproduksi. Namun seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin luas, banyak terjadi kasus peredaran obat tradisional tanpa izin edar oleh BPOM di Indonesia khususnya dikota Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan akar penyebab obat tradisional tanpa izin edar, perlindungan hukum bagi konsumen obat tradisional tanpa izin edar, dan pengaturan perlindungan konsumen dalam rangka meniadakan kasus obat tradisional tanpa izin pemasaran BPOM di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah hukum yuridis empiris yaitu melalui penelitian dengan memperoleh data primer secara langsung melalui wawancara dan studi dokumentasi berupa bagaimana bekerjanya hukum di lingkungan masyarakat yang sehubungan dengan obat tradisional tanpa izin edar. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa regulasi penegakan hukum di masyarakat terhadap obat tradisional tanpa izin edar di Indonesia seperti Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 32 Tahun 2019 tentang Persyaratan Keamanan dan Mutu Obat Tradisional, Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja tentang perubahan Pasal 197 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Adapun faktor penyebab obat tradisional tanpa izin edar dari BPOM yang masih diperdagangkan oleh pelaku usaha ke konsumen karena meningkatnya permintaan dari konsumen yang menyebabkan pelaku usaha terus-melakukan tindak pidana berupa penjualan obat tradisional tanpa izin edar untuk mendapatkan keuntungan yang besar dan kurangnya kesadaran konsumen akan pentingnya izin edar untuk setiap produk yang digunakan. Kemudian terdapat bentuk perlindungan bagi konsumen obat tradisional tanpa izin edar berupa perlindungan hukum, pengawasan BPOM dan penanganan kasus peredaran obat tradisional tanpa izin edar.
Kata Kunci: Obat Tradisional Tanpa Izin Edar, Perlindungan Hukum, Pelaku usaha, Konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Obat Tradisional Tanpa Izin Edar, Perlindungan Hukum, Pelaku usaha, Konsumen.
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 30 Oct 2023 07:08
Last Modified: 30 Oct 2023 07:08
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15420

Actions (login required)

View Item View Item