Search for collections on Undip Repository

Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien pada Pelaksanaan Etik oleh Perawat di Salah satu Rumah Sakit di Semarang

Amania, Nafisah (2023) Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien pada Pelaksanaan Etik oleh Perawat di Salah satu Rumah Sakit di Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[thumbnail of Cover skripsi_Nafisah Amania.pdf] Text
Cover skripsi_Nafisah Amania.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of Cover-abstrak (2).pdf] Text
Cover-abstrak (2).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_Nafisah Amania.pdf] Text
BAB I_Nafisah Amania.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[thumbnail of BAB II_Nafisah Amania.pdf] Text
BAB II_Nafisah Amania.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[thumbnail of BAB III_Nafisah Amania.pdf] Text
BAB III_Nafisah Amania.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[thumbnail of BAB IV_Nafisah Amania.pdf] Text
BAB IV_Nafisah Amania.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[thumbnail of BAB V_Nafisah Amania.pdf] Text
BAB V_Nafisah Amania.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[thumbnail of BAB VI_Nafisah Amania.pdf] Text
BAB VI_Nafisah Amania.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_Nafisah Amania.pdf] Text
Daftar Pustaka_Nafisah Amania.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of Lampiran_Nafisah Amania.pdf] Text
Lampiran_Nafisah Amania.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator untuk mengetahui mutu suatu tempat pelayanan kesehatan. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien adalah penerapan prinsip etik yang dilakukan oleh perawat. Hal tersebut dikarenakan perawat merupakan tenaga kesehatan yang paling sering berinteraksi langsung dengan pasien. Terdapat 8 (delapan) elemen prinsip etik, meliputi prinsip etik autonomy, non maleficience, beneficence, justice , veracity, fidelity, accountability, dan confidentiality. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pasien rawat inap terhadap penerapan etik yang telah dilakukan oleh perawat di Rumah Sakit Nasional Diponegoro. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan analisis kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling dengan jumlah responden 94 pasien. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner Kepuasan Pasien terhadap perilaku etik perawat yang telah diuji validitas yang menyatakan seluruh pernyataan valid dan uji reliabilitas dengan hasil nilai cronbach’s alpha sebesar 0,988. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis univariat menggunakan perhitungan statistik dengan hasil tingkat kepuasan pasien terhadap pelaksanaan prinsip etik perawat di Rumah Sakit Nasional Diponegoro mencapai 90,4% merasa sangat puas. Berdasarkan penelitian ini diharapkan bahwa pelayanan kesehatan mengetahui terkait pentingnya penerapan etik perawat terhadap tingkat kepuasan yang dirasakan oleh pasien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nursing
Depositing User: Nisnaeni_ N_ Keperawatan_FK
Date Deposited: 16 Aug 2023 05:11
Last Modified: 16 Aug 2023 05:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15419

Actions (login required)

View Item View Item