Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HAK EKONOMI PENCIPTA SETELAH PENCIPTA MENINGGAL DUNIA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR 35/PDT.SUS-HAK CIPTA/2020/PN NIAGA JKT.PST)_069 Dagang 2023

PATRICIA, GRACE CINDY and Santoso, Budi and Musyafah, Aisyah Ayu (2023) PERLINDUNGAN HAK EKONOMI PENCIPTA SETELAH PENCIPTA MENINGGAL DUNIA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR 35/PDT.SUS-HAK CIPTA/2020/PN NIAGA JKT.PST)_069 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan hukum di bidang penggandaan karya ciptaan sering terjadi di Indonesia. Hal ini menyebabkan munculnya perlindungan hukum atas karya-karya Pencipta di Indonesia bernama hak kekayaan intelektual dimana salah satu hak yang dilindungi adalah hak cipta berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Banyaknya pelanggaran hak cipta yang terjadi di Indonesia, salah satunya adalah sengketa sketsa “Tugu Selamat Datang” yang penyelesaiannya melalui jalur litigasi dalam Putusan Nomor 35/Pdt/ Sus-Hak Cipta/2020/PN Niaga Jkt. Pst. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif dengan menggunakan spesifikasi penelitian berupa deskriptif analitis dan metode kualitatif untuk mengkaji permasalahan yang ada. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Pengadilan Niaga Jakarta Pusat memberi perlindungan hukum represif kepada Pemegang Hak Cipta sketsa “Tugu Selamat Datang” melalui Putusan Nomor 35/Pdt.Sus-Hak Cipta/2020/ PN Niaga Jkt.Pst yang memerintahkan PT. Grand Indonesia untuk membayar ganti rugi materiil sebesar 1 miliar rupiah dan PT. Grand Indonesia telah terbukti bersalah melakukan penggandaan ciptaan sketsa “Tugu Selamat Datang” melalui pengakuan dari PT. Grand Indonesia serta fakta-fakta dari pembuktian formil yang telah dilakukan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada tahun 2020.
Kata Kunci: Hak, Pembuktian, Sketsa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 30 Oct 2023 07:05
Last Modified: 30 Oct 2023 07:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15417

Actions (login required)

View Item View Item