Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG OSTEOPOROSIS DENGAN ASUPAN KALSIUM (STUDI PADA WANITA PERIMENOPAUSE DI KECAMATAN PAGEDANGAN, KABUPATEN TANGERANG)

SABRINA, DEVINA ODELIA (2023) HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG OSTEOPOROSIS DENGAN ASUPAN KALSIUM (STUDI PADA WANITA PERIMENOPAUSE DI KECAMATAN PAGEDANGAN, KABUPATEN TANGERANG). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO DEVINA ODELIA.pdf - Published Version

Download (366kB)

Abstract

Osteoporosis merupakan masalah kesehatan utama dunia yang menduduki peringkat kedua setelah penyakit jantung. Densitas tulang wanita pada perimenopause berkurang sekitar 5-15%. Pengetahuan tentang osteoporosis dapat mengurangi risiko osteoporosis Perilaku seseorang akan semakin baik apabila pengetahuannya semakin baik. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pengetahuan tentang osteoporosis dengan asupan kalsium dan vitamin D pada wanita perimenopause di Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini sebanyak 97 wanita perimenopause dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Pengukuran variabel pengetahuan tentang osteoporosis menggunakan kuesioner, asupan kalsium dan vitamin D menggunakan Semi Quantitative Food Frequency Questionnaire (SQ-FFQ). Analisis data menggunakan uji Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki pengetahuan tentang osteoporosis dalam kategori kurang (91,8%), memiliki asupan kalsium yang cukup (72,2%), dan memiliki asupan vitamin D yang kurang (61,9%). Ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan tentang osteoporosis dengan asupan kalsium (p-value=0,001). Ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan tentang osteoporosis dengan asupan vitamin D (p-value=0,001). Terdapat hubungan pengetahuan osteoporosis dengan asupan kalsium dan vitamin D pada wanita perimenopause, namun hubungannya berlawanan arah.

Kata kunci : wanita perimenopause, pengetahuan tentang osteoporosis, asupan kalsium, asupan vitamin D

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 16 Aug 2023 02:38
Last Modified: 16 Aug 2023 02:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15412

Actions (login required)

View Item View Item