Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Self-Compassion dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Tahun Keempat yang sedang Mengerjakan Skripsi di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro

Putri, Adielia Faradhita and Sawitri, Dian Ratna (2023) Hubungan antara Self-Compassion dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Tahun Keempat yang sedang Mengerjakan Skripsi di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
abstrak repository_Adielia Faradhita Putri.pdf

Download (98kB)

Abstract

Penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa seseorang menunda menyelesaikan tugasnya karena takut mengalami kegagalan dan menyebabkan adanya penilaian yang negatif atas kemampuannya. Upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah rasa takut akan suatu kegagalan adalah dengan melakukan self-compassion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-compassion dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa tahun keempat yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa tahun keempat yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro sebanyak 280 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 159 mahasiswa (perempuan: 79,87%; rata-rata usia = 21,82 tahun), yang diperoleh dengan teknik simple random sampling. Alat ukur yang digunakan yaitu Skala Self-Compassion (29 aitem, α = 0,92) dan Skala Prokrastinasi Akademik (43 aitem, α = 0,96). Uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara self-compassion dengan prokrastinasi akademik (rxy = -0,427, p<0,05). Artinya, semakin tinggi self-compassion maka semakin rendah prokrastinasi akademik mahasiswa. Koefisien determinasi ditunjukkan dengan R2 = 0,18 yang memberikan gambaran bahwa self-compassion memberikan sumbangan efektif sebesar 18% terhadap penurunan prokrastinasi akademik mahasiswa, sementara sisanya ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini.

Kata kunci: self-compassion, prokrastinasi akademik, skripsi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 04:18
Last Modified: 05 Feb 2024 04:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15409

Actions (login required)

View Item View Item