Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara konformitas dengan pembelian impulsif pada mahasiswa tahun keempat di Universitas Diponegoro yang bekerja part-time

Setiani, Salwa Putri and Sawitri, Dian Ratna (2023) Hubungan antara konformitas dengan pembelian impulsif pada mahasiswa tahun keempat di Universitas Diponegoro yang bekerja part-time. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
ABSTRAK_Salwa Putri Setiani.pdf

Download (157kB)

Abstract

Pembelian impulsif merupakan pembelian dengan cara cepat dan tidak melakukan perencanaan yang diikuti dengan pikiran yang saling bertentangan dan dorongan emosional. Kuatnya pengaruh teman merupakan bentuk konformitas dapat menyebabkan pembelian impulsif dikarenakan konsumen membeli produk sesuai saran dari temannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas dengan pembelian impulsif pada mahasiswa tahun keempat di Universitas Diponegoro yang bekerja part-time. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Diponegoro yang bekerja part-time dengan sampel penelitian berjumlah 84 orang (50.% perempuan; rata-rata usia = 22 tahun), dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengambilan data menggunakan Skala Konformitas (30 aitem, α = 0,96) dan Skala Pembelian Impuslif (28 aitem, α = 0,96). Analisis data dengan uji nonparametik Spearman’s Rank menghasilkan rxy = 0,87 dengan nilai p = 0,00 (p<0,05), yang menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara konformitas dengan pembelian impulsif. Semakin tinggi konformitas, maka semakin tinggi pembelian impulsif pada mahasiswa Universitas Diponegoro yang bekerja part - time, dan sebaliknya.
Kata kunci: pembelian impulsif, konformitas, mahasiswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:01
Last Modified: 05 Feb 2024 03:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15408

Actions (login required)

View Item View Item