Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Regulasi Emosi dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Organisatoris di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro

Kristiyanto, Audrey Putri and Sawitri, Dian Ratna (2023) Hubungan antara Regulasi Emosi dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Organisatoris di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Abstrak Lengkap_Audrey Putri Kristiyanto_15000119120044.pdf

Download (280kB)

Abstract

Sebagai pengurus organisasi, mahasiswa organisatoris memiliki tanggung jawab lebih di luar tanggung jawab akademik dan menerima tekanan yang lebih besar. Oleh karena itu, pengurus organisasi membutuhkan regulasi emosi yang baik. Regulasi emosi merupakan kemampuan untuk mengontrol respons emosi pada situasi yang menekan, dan penting dimiliki agar terhindar dari perilaku prokrastinasi akademik, yang merupakan penundaan tugas akademik oleh individu secara sukarela, baik ketika memulai, maupun menyelesaikan pengerjaan tugas akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa organisatoris di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, yaitu mahasiswa yang aktif terlibat dan berperan penting dalam kegiatan organisasi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa organisatoris di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro yang berjumlah 394 orang berdasarkan data yang Senat Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Sampel penelitian adalah 173 orang mahasiswa (82,1% perempuan; rata – rata usia = 20 tahun) yang diperoleh dengan teknik proportionate stratifed random sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah Skala Prokrastinasi Akademik (20 aitem valid; α = 0,88) dan Skala Regulasi Emosi (26 aitem valid; α = 0,88), yang telah diujicobakan pada 53 mahasiswa. Hasil uji korelasi Spearman Rank menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara regulasi emosi dengan prokrastinasi akademik (rs = -0,498; p = 0,000; p < 0,05). Semakin tinggi regulasi emosi, maka semakin rendah prokrastinasi akademik mahasiswa organisatoris, dan sebaliknya.

Kata kunci: regulasi emosi, prokrastinasi akademik, mahasiswa organisatoris

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 08:22
Last Modified: 05 Feb 2024 08:22
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15406

Actions (login required)

View Item View Item