Search for collections on Undip Repository

PERAN DAN UPAYA BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN TERHADAP PEREDARAN OBAT DAN KOSMETIK YANG DI JUAL MELALUI E-COMMERCE_071 Dagang 2023

Kusumawicitra, Dyah Ayu and Saptono, Hendro and Irawati, Irawati (2023) PERAN DAN UPAYA BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN TERHADAP PEREDARAN OBAT DAN KOSMETIK YANG DI JUAL MELALUI E-COMMERCE_071 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada era digialini, semua produk sangat mudah untuk didapat.Berbagai bentuk penyelewengan dilakukan oleh pelaku usahademi keuntungan semata tanpa memikirkan kerugian yang didapatkan oleh konsumen. Beberapa contoh nyata seperti banyaknya obat keras atau palsu dan kosmetik ilegal yang masih beredar bebas di e-commercedan hal tersebut melanggar hak perlindungan konsumen yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Lembaga yang berwenang untuk mengatasi hal tersebut adalah BPOM. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empirismenggunakan pengumpulan data primer yaitu wawancara terhadao responden yang dipilih penulis dan data sekunder yaitu bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Berdasarkan hasil penelitian, BPOM melakukan pengawasan secara online dengan cyber patroluntuk melakukan takedown kepada toko yang menjual kosmetik ilegal dan obat palsu atau keras di e-commerce.Cyber patrol yang dilakukan oleh BPOM masih belum efektif karena masih banyaknya produk ilegal yang beredar, sehingga menciderai hak konsumen. Sanksi yang diberikan oleh BPOM juga masih tidak memberi efek jera bagi para pelaku usaha yang melanggar ketentuan yang sudah ditetapkan.
Kata kunci : Balai POM; Pelanggaran; Kosmetik ilegal; Obat keras; E-commerce.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Balai POM; Pelanggaran; Kosmetik ilegal; Obat keras; E-commerce.
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 30 Oct 2023 04:37
Last Modified: 30 Oct 2023 04:37
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15400

Actions (login required)

View Item View Item