Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PRODUK PANGAN OLAHAN TANPA IZIN EDAR YANG DIPERDAGANGKAN MELALUI PLATFORM JUAL BELI ONLINE_072 Dagang 2023

SEPTARIFIANY, AFRA PUTRI and Saptono, Hendro and Mahmudah, Siti (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PRODUK PANGAN OLAHAN TANPA IZIN EDAR YANG DIPERDAGANGKAN MELALUI PLATFORM JUAL BELI ONLINE_072 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kepemilikan izin edar yang diberikan oleh BPOM merupakan salah satu standar bagi para pelaku usaha yang menjual produk pangan olahannya secara online agar konsumen tidak dirugikan. Dengan masih ditemukannya produk pangan olahan tanpa izin edar yang diperdagangkan secara online menunjukkan bahwa masih maraknya pelaku usaha yang tidak mengindahkan hak-hak konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kewenangan BPOM dalam mengawasi peredaran produk pangan olahan tanpa izin edar yang diperdagangkan melalui platform jual beli online, serta bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen produk pangan olahan tanpa izin edar yang diperdagangkan melalui platform jual beli online. Metode penelitian skripsi ini menggunakan metode yuridis normatif yang artinya pendekatan dilakukan dengan mengkaji regulasi yang bersangkutan. Data yang digunakan dalam penlitian ini adalah data sekunder terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukun sekunder, dan bahan hukum tersier. Pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan yang berpedoman pada peraturan perundang-undangan, buku-buku, dan bahan lainnya yang berkaitan dengan permasalahan dalam penelitian, serta diperkuat oleh wawancara di Balai Besar POM Semarang. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, pelaku usaha wajib memiliki izin edar produk pangan olahan yang akan diperdagangkan baik secara konvensional maupun melalui platform jual beli online. Bagi pelaku usaha yang menjual produk pangan olahan tanpa izin edar dapat dikenakan sanksi administratif hingga sanksi pidana.
Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Izin Edar, BPOM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Izin Edar, BPOM.
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 30 Oct 2023 04:34
Last Modified: 30 Oct 2023 04:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15399

Actions (login required)

View Item View Item