Search for collections on Undip Repository

PERSEPSI KARYAWAN MILENIAL TENTANG PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA ORGANISASI MELALUI IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) (STUDI EMPIRIS PADA KANTOR CABANG PT ASABRI (PERSERO)

SARI, Novia Maharani Yuliana Dewi Putri (2023) PERSEPSI KARYAWAN MILENIAL TENTANG PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA ORGANISASI MELALUI IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) (STUDI EMPIRIS PADA KANTOR CABANG PT ASABRI (PERSERO). Masters thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._T___Cover___12010120410021.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._T___Abstrak_(Inggris)___12010120410021.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._T___Abstrak_(Indonesia)___12010120410021.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._T___Daftar_Isi___12010120410021.pdf - Published Version

Download (258kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._T___Daftar_Pustaka___12010120410021.pdf - Published Version

Download (385kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._T___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010120410021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kinerja organisasi merupakan karakteristik yang menggambarkan kualitas
organisasi yang dapat dicapai dengan hasil yang ternilai. Dalam mencapai kinerja
organisasi yang optimal diperlukan peran seorang pemimpin. Kepemimpinan
transformasional dianggap mampu memotivasi anggota tim untuk dapat berkinerja
diatas rata-rata. Disamping itu, juga diperlukan sebuah sistem seperti total quality
management (TQM) yang terimplementasi dengan baik agar kinerja organisasi
konsisten dengan tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja organisasi
melalui implementasi TQM menurut persepsi karyawan milenial di Kantor Cabang
PT ASABRI (Persero). Kinerja organisasi diukur dengan pendekatan balanced
scorecard (BSC), implementasi TQM diukur dengan kriteria yang terdapat dalam
The Malcolm Baldrige National Quality Improvement Act dan kepemimpinan
transformasional diukur dengan The Multifactor Leadership Questionnaire (MLQ).
Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan milenial di 33 Kantor Cabang PT
ASABRI (Persero) tersebar diseluruh Indonesia. Sampel diambil dengan
menggunakan teknik purposive sampling sehingga sebanyak 134 karyawan
milenial dipilih sebagai responden untuk mewakili unit kerja. Teknik analisis yang
digunakan dalam penelitian adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan
software SmartPLS.3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan
transformasional tidak berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja organisasi,
kepemimpinan transformasional berpengaruh positif signifikan terhadap
implementasi TQM, dan implementasi TQM berpengaruh positif signifikan
terhadap kinerja organisasi. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa
implementasi TQM memediasi pengaruh tidak langsung antara kepemimpinan
transformasional kepada kinerja organisasi di Kantor Cabang PT ASABRI
(Persero). Hasil penelitian ini memberikan kontribusi di sisi literatur dan praktis
dengan memberikan pemahaman baru tentang pengaruh kepemimpinan
transformasional terhadap Kinerja Organisasi melalui Implementasi TQM di
perusahaan jasa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Total Quality Management (TQM), Kinerja Organisasi, Generasi Milenial, Badan Usaha Milik Negara
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Master Program in Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 15 Aug 2023 02:04
Last Modified: 15 Aug 2023 02:04
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15396

Actions (login required)

View Item View Item