Search for collections on Undip Repository

Hubungan Konsumsi Kopi dengan Kejadian Hipertensi pada Laki-Laki Dewasa Muda di Desa Muneng Kecamatan Candiroto Kabupaten Temanggung

Puji Rahayu, Ngesti and Nuryanto, Nuryanto and Purwanti, Rachma Hubungan Konsumsi Kopi dengan Kejadian Hipertensi pada Laki-Laki Dewasa Muda di Desa Muneng Kecamatan Candiroto Kabupaten Temanggung. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Ngesti Puji Rahayu.pdf

Download (175kB)

Abstract

ABSTRAK
Latar Belakang : Prevalensi hipertensi di Indonesia pada usia 18 tahun ke atas semakin meningkat. Salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya hipertensi yaitu konsumsi kopi. Semakin bertambahnya frekuensi kopi maka akan semakin meningkatkan tekanan darah.
Tujuan: untuk menganalisis hubungan jumlah, jenis, dan frekuensi konsumsi kopi dengan kejadian hipertensi pada laki-laki dewasa muda di Desa Muneng Kecamatan Candiroto Kabupaten Temanggung.
Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian cross sectional dengan populasi seluruh laki-laki dewasa muda usia 20-40 tahun yang bekerja sebagai wiraswasta dan memiliki kebiasaan konsumsi kopi hitam. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan jumlah minimal sampel yang dibutuhkan adalah 58 orang. Pengukuran tekanan darah menggunakan sphygmomanometer digital, tinggi badan dengan microtoise, serta berat badan dengan timbangan digital. Data identitas diri, asupan kopi, kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, durasi tidur, dan tingkat pendapatan diperoleh dengan menggunakan instrumen kuesioner penelitian. Data asupan lemak jenuh, serat, natrium, kalium, kalsium, dan magnesium diperoleh menggunakan formulir SQ-FFQ. Tingkat aktivitas fisik subjek didapat dari wawancara menggunakan kuesioner IPAQ 2002 dan tingkat stress menggunakan formulir PSS. Analisis dua variabel menggunakan uji Chi Square dan Fisher’s Exact Test serta analisis multivariat dengan uji regresi logistik berganda.
Hasil : Prevalensi hipertensi sebesar 19% dan tidak ada bukti bahwa minum kopi berhubungan dengan kejadian hipertensi (p value<0,05). Faktor risiko kejadian hipertensi yaitu asupan natrium (OR: 5,641, CI 95%: 1,181-26,946) dan durasi tidur (OR: 13,128, 95%: 1,459-118,096).
Simpulan : Tidak ada hubungan antara jumlah, jenis, dan frekuensi konsumsi kopi dengan kejadian hipertensi. Faktor risiko hipertensi yaitu asupan natrium dan durasi tidur.
Kata Kunci : Kopi, Hipertensi, Natrium, Durasi Tidur.

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 15 Aug 2023 01:12
Last Modified: 15 Aug 2023 01:12
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15394

Actions (login required)

View Item View Item