Search for collections on Undip Repository

EFEKTIVITAS TATA LETAK PENYIMPANAN PUPUK PADA GUDANG DI PT BGR LOGISTIK INDONESIA DIVISI REGIONAL SEMARANG (Studi di Gudang Semarang Candirejo)

Alvianti, Vina (2023) EFEKTIVITAS TATA LETAK PENYIMPANAN PUPUK PADA GUDANG DI PT BGR LOGISTIK INDONESIA DIVISI REGIONAL SEMARANG (Studi di Gudang Semarang Candirejo). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Cover_Vina Alvianti.pdf - Published Version

Download (29kB)
[img] Text
BAB I_Vina Alvianti.pdf - Published Version

Download (65kB)
[img] Text
DAPUS_Vina Alvianti.pdf - Published Version

Download (176kB)

Abstract

Dalam sebuah gudang, tata letak merupakan bagian penting untuk mengoptimalkan efisiensi dan efektivitas operasional gudang penyimpanan pupuk. Efektivitas tata letak akan memberikan penyimpanan pupuk yang baik dan memastikan perlidungan pupuk terhindar dari kerusakan dan kerugian yang dialami perusahaan, dengan adanya efektivitas tata letak penyimpanan akan memberikan kemudahan aksesibilitas dalam operasional gudang. Penelitian ini untuk mengkaji efektivitas tata letak penyimpanan pupuk dengan mempertimbangkan faktor metode penyimpanan, aksesibilitas, dan luas ruang gudang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer yang didapat melalui wawancara, observasi, data sekunder yang berasal dari dokumen perusahaan dan buku pendukung terkait tata letak penyimpanan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi di lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah tata letak penyimpanan pupuk pada gudang dengan menggunakan metode shared storage gudang dapat menampung lebih banyak pupuk. Terdapat faktor pendukung terkait tata letak penyimpanan pupuk yaitu luas gudang yang memadai untuk membuat allowance yang lebih optimal. Untuk kendala efektifitas tata letak penyimpanan pupuk, penempatan pupuk yang masih sulit dijangkau dengan alat bantu dan hanya cukup untuk pergerakan manusia, sehingga memerlukan waktu yang lebih lama.
Penggunaan metode tata letak shared storage dapat meningkatkan efektivitas tata letak penyimpanan gudang dengan memperhatikan luas gudang untuk penyusunan pupuk diperhitungkan secara tepat dengan rumus Euclidean Distance.

Kata Kunci: Tata Letak, Gudang, Penyimpanan, Shared Storage

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tata Letak, Gudang, Penyimpanan, Shared Storage
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: School of Vocation > Diploma in Management
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 11 Aug 2023 08:52
Last Modified: 11 Sep 2023 04:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15358

Actions (login required)

View Item View Item