Search for collections on Undip Repository

ANALISIS FAKTOR KEBERHASILAN PROGRAM KAMPUNG KELUARGA BERKUALITAS (Studi di wilayah Kampung KB Kokolaka Kelurahan Jatirejo)

NINGRUM, LINTANG SARADHILA (2023) ANALISIS FAKTOR KEBERHASILAN PROGRAM KAMPUNG KELUARGA BERKUALITAS (Studi di wilayah Kampung KB Kokolaka Kelurahan Jatirejo). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO LINTANG.pdf - Published Version

Download (426kB)

Abstract

Jumlah penduduk di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya. Pertumbuhan penduduk yang terus bertambah dan tidak diimbangi dengan sarana prasarana serta lingkungan yang mendukung akan menyebabkan masalah kependudukan di Indonesia. Angka penduduk yang besar pada suatu wilayah pada dasarnya merupakan suatu bekal pembangunan namun dapat juga menjadi beban bagi wilayah tersebut. Tindak lanjut pemerintah dalam permasalahan ini dengan menciptakan program Keluarga Berencana (KB) yang kemudian diperluas meliputi aspek dan aktor menjadi program Kampung Keluarga Berencana (Kampung KB) namun pada prinsipnya sama yaitu meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Implementasi program Kampung KB tidak berjalan dengan mudah mengingat banyak peran serta aspek yang terlibat. Akan tetapi, ditemukan wilayah yang dianggap mempunyai tingkat keberhasilan tinggi dalam implementasi program KB yaitu Kampung KB Kokolaka di wilayah Kelurahan Jatirejo. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui faktor – faktor keberhasilan dalam implementasi program Kampung KB dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian berjumlah sembilan informan yang dipilih melalui metode purposive sampling. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat keterkaitan antara faktor komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi yang mempengaruhi keberhasilan implementasi program Kampung KB di wilayah tersebut.

Kata kunci : Kampung KB, Implementasi Program, Keberhasilan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 11 Aug 2023 08:25
Last Modified: 11 Aug 2023 08:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15356

Actions (login required)

View Item View Item