Search for collections on Undip Repository

Hubungan Kualitas Diet dan Persentase Lemak Tubuh dengan Siklus Menstruasi pada Atlet Putri

Sofchah Febriyanti, Monica and Candra, Aryu and Marfu’ah Kurniawati, Dewi and Tri Susilo, Mursid Hubungan Kualitas Diet dan Persentase Lemak Tubuh dengan Siklus Menstruasi pada Atlet Putri. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Monica.pdf

Download (176kB)

Abstract

Latar Belakang: Siklus menstruasi yang tidak teratur dapat mengganggu latihan sehingga menurunkan performa atlet. Kualitas diet dan persentase lemak tubuh diduga dapat mempengaruhi siklus menstruasi.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas diet dan persentase lemak tubuh dengan siklus menstruasi pada atlet putri.
Metode: Penelitian dilakukan pada tahun 2022 di Semarang dan Kabupaten Magelang dengan desain penelitian cross-sectional. Sampel yang digunakan ialah 60 atlet putri usia 15-19 tahun dari beberapa cabang olahraga. Siklus menstruasi diambil melalui wawancara langsung menggunakan kuesioner selama 3 bulan terakhir. Data asupan gizi diambil menggunakan form Semi-Quantitative Food Frequency Questionnaire (SQ-FFQ). Data skor kualitas diet diperoleh dari hasil konversi asupan riwayat makan ke dalam kuesioner Athlete Diet Index (ADI). Persentase lemak tubuh diukur menggunakan Bioelectrical Impedance Analysis (BIA). Analisis bivariat menggunakan uji Chi-Square.
Hasil: Sebanyak 39% atlet memiliki kualitas diet rendah, 5,1% memiliki persentase lemak tubuh rendah, 16,9% memiliki persentase lemak tubuh tinggi, dan 23,7% atlet mengalami oligomenorea. Tidak terdapat hubungan antara kualitas diet (p = 0,336) dan persentase lemak tubuh (p = 0,836) dengan siklus menstruasi pada atlet putri.
Simpulan: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas diet dan persentase lemak tubuh dengan siklus menstruasi pada atlet putri.

Kata Kunci: kualitas diet, persentase lemak tubuh, siklus menstruasi, atlet remaja putri

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 11 Aug 2023 04:46
Last Modified: 11 Aug 2023 04:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15342

Actions (login required)

View Item View Item