Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN HEALTH LITERACY DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN SELF CARE BEHAVIOR PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE 2 (STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS WIRADESA KABUPATEN PEKALONGAN)

AFIANA, NOVA (2023) HUBUNGAN HEALTH LITERACY DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN SELF CARE BEHAVIOR PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE 2 (STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS WIRADESA KABUPATEN PEKALONGAN). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO NOVA.pdf - Published Version

Download (495kB)

Abstract

Self Care Behavior diabetes mellitus penting dilakukan oleh penderita diabetes mellitus tipe 2 untuk mengantisipasi kejadian komplikasi. Faktor-faktor yang dapat berpengaruh dengan self care diabetes diantaranya adalah health literacy dan dukungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan health literacy dan dukungan keluarga dengan self care behavior pada penderita diabetes mellitus tipe 2 di Wilayah Kerja Puskesmas Wiradesa. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 112 pasien dengan kriteria responden yang sedang menjalani pengobatan di Puskesmas Wiradesa terhitung dari bulan Januari – April 2023. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data pada penelitian ini adalah kuesioner. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji statistik chi-square pada tingkat kepercayaan 95% untuk menghubungan variabel health literacy, dukungan keluarga, dan self care behavior. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara health literacy dengan self care behavior (p- value=0,025) dan ada hubungan antara dukungan keluarga dengan self care behavior (p-value=0,0001). Disimpulkan bahwa apabila seseorang memiliki health literacy yang tinggi maka akan mempengaruhi self care behavior menjadi baik, selain itu adanya dukungan keluarga yang mendukung akan mempengaruhi self care behavior menjadi baik.

Kata kunci : self care behavior, health literacy, dukungan keluarga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 11 Aug 2023 04:20
Last Modified: 11 Aug 2023 04:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15340

Actions (login required)

View Item View Item