Search for collections on Undip Repository

KAJIAN SOCIO-LEGAL TERHADAP TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK DI PONDOK PESANTREN JOMBANG_002 Pidana 2023

AUGUSTINE, JORGIANA and Sularto, R.B. and Rochaety, Nur (2023) KAJIAN SOCIO-LEGAL TERHADAP TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK DI PONDOK PESANTREN JOMBANG_002 Pidana 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kekerasan seksual pada anak adalah permasalahan yang genting dalam penegakan hukum di Indonesia. Fakta yang terjadi di Indonesia selama ini, kekerasan seksual pada anak sering terjadi di dalam pondok-pondok pesantren atau sekolah berbentuk asrama lainnya. Penelitian ini mengobservasi segala kebijakan kriminal dalam tindak pidana kekerasan seksual pada anak dan mengkaji tindak pidana kekerasan seksual dengan menggunakan pendekatan socio-legal yang dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian yang pertama menunjukan bahwa, kebijakan kriminal tindak pidana kekerasan seksual pada anak saat ini terbagi menjadi dua yaitu melalui sarana penal dan sarana non-penal, kemudian hasil yang kedua, harus ada reformasi kebijakan kriminal perlindungan anak korban kekerasan seksual sesuai dengan kajian peristiwa tindak pidana yang terjadi di pondok pesantren dan kemudian diwujudkan oleh Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual.
Kata kunci : Kajian Socio-Legal, Kebijakan Kriminal, Tindak Pidana Kekerasan Seksual pada Anak, Pondok Pesantren, Kabupaten Jombang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 31 Oct 2023 06:35
Last Modified: 31 Oct 2023 06:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15309

Actions (login required)

View Item View Item