Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PEMILIHAN KRITERIA SUPPLIER MATERIAL BETON DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (STUDI KASUS PT ADHI PERSADA BETON)

Fajarwati, Imma Rizkanur (2023) ANALISIS PEMILIHAN KRITERIA SUPPLIER MATERIAL BETON DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (STUDI KASUS PT ADHI PERSADA BETON). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER_Imma Rizkanur Fajarwati.pdf - Published Version

Download (248kB)
[img] Text
BAB I_Imma Rizkanur Fajarwati.pdf - Published Version

Download (80kB)
[img] Text
DAPUS_Imma Rizkanur Fajarwati.pdf - Published Version

Download (139kB)

Abstract

Memilih kriteria supplier yang tepat adalah tahapan yang penting dalam sistem dan pengambilan keputusan multi kriteria supplier secara efektif pada supply chain management. Tujuan penelitian untuk melakukan identifikasi dan analisis supplier yang didasarkan pada kriteria dan subkriteria yang telah ditentukan serta memilih supplier terbaik untuk menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan Form isian. Teknik analisis data menggunakan teknik Analytical Hierarchy Process. Hasil penelitian menunjukkan nilai pembobotan yang dibantu dengan software expert choice diperoleh lima kriteria dan sepuluh sub kriteria dengan urutan pertama yaitu kualitas (0,351) Urutan kedua adalah biaya (0,279) urutan ketiga adalah kapasitas (0,167) Urutan keempat adalah waktu (0,135) Dan yang terakhir adalah profil (0,69). Dalam hasil rating antar supplier secara keseluruhan adalah sebagai berikut prioritas I adalah BS yang mempunyai nilai bobot yaitu (0,278), SIG prioritas II dengan nilai (0,247), KI prioritas III dengan nilai (0,214), BGS prioritas IV dengan nilai (0,180) dan prioritas V yaitu MAP dengan nilai (0,080). Berdasarkan hasil tersebut peneliti merekomendasikan kepada perusahaan untuk memilih supplier BS dalam Purchase Order. Jika BS mengalami masalah maka SIG dapat dijadikan opsi lain untuk pengadaan material beton. Dengan begitu, efisiensi waktu pada proses seleksi yang dilaksanakan divisi procurement dapat tercapai untuk mengoptimalkan efektivitas performa perusahaan.
Kata kunci: Pengadaan, Analytical Hierarchy Process, Supplier

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengadaan, Analytical Hierarchy Process, Supplier
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: School of Vocation > Diploma in Management
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 11 Aug 2023 05:15
Last Modified: 14 Sep 2023 07:27
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15299

Actions (login required)

View Item View Item