Search for collections on Undip Repository

Implementasi Pemenuhan Hak Anak Korban Kejahatan Seksual di Kota Semarang_005 Pidana 2023

Butar-Butar, Gebriella S. Esanova and Rochaeti, Nur and Astuti, A.M. Endah Sri (2023) Implementasi Pemenuhan Hak Anak Korban Kejahatan Seksual di Kota Semarang_005 Pidana 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kejahatan seksual merupakan bentuk kejahatan yang menodai harkat kemanusiaan dan dianggap sebagai kejahatan luar biasa. Kasus kejahatan seksual terhadap anak setiap tahun mengalami peningkatan pertahunnya. Dampak kejahatan seksual terhadap anak yaitu akan melahirkan trauma berkepanjangan yang kemudian dapat melahirkan sikap tidak sehat. Tujuan adanya penelitian di Kota Semarang, untuk mengetahui implementasi pemenuhan hak anak korban kejahatan seksual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimana pengaturan mengenai pemenuhan hak anak korban kejahatan seksual saat ini? (2). Bagaimana implementasi pemenuhan hak anak korban kejahatan seksual di Kota Semarang? Metodologi dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris atau dapat dikatakan juga pendekatan hukum non-doktrinal adalah penelitian hukum mengenai pemberlakuan atau implementasi ketentuan hukum normatif secara in action setiap peristiwa hukum tertentu yang terjadi dalam masyarakat.
Pengaturan mengenai pemenuhan hak anak korban kejahatan seksual saat ini dapat dikatakan masih tercecer atau belum menyatu, maka dengan ini dibutuh peraturan perundang-undangan mengatur pemenuhan hak anak korban kejahatan seksual dengan komprehensif, untuk mempermudah aparat penegak hukum dan lembaga lainnya dalam pemenuhan hak anak korban kejahatan seksual. Implementasi pemenuhan hak anak korban kejahatan seksual di 4 Lembaga yaitu Polrestabes Semarang, Kejaksaan Negeri Semarang, Pengadilan Negeri Semarang, serta Yayasan Setara belum memenuhi hak anak korban kejahatan seksual. Lembaga tersebut menggunakan Undang-Undang Perlindungan Anak sebagai pedoman pemenuhan hak anak korban kejahatan seksual.Kendala yang dialami Pengadilan Negeri Semarang yaitu kurangnya koordinasi antar lembaga dalam pemberian pendampingan pada tingkat pengadilan.
Kata Kunci : Pemenuhan Hak, Anak Korban, Kejahatan Seksual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 31 Oct 2023 06:32
Last Modified: 31 Oct 2023 06:33
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15287

Actions (login required)

View Item View Item