Search for collections on Undip Repository

PENYELESAIAN KONFLIK ANTAR WARGA BINAAN PEREMPUAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS IIA SEMARANG_ 006 Pidana 2023

Putri, Salsabila Nadine and Rochaeti, Nur and Astuti, A.M Endah Sri (2023) PENYELESAIAN KONFLIK ANTAR WARGA BINAAN PEREMPUAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS IIA SEMARANG_ 006 Pidana 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) merupakan tempat pelaksanaan putusan pengadilanmelakukan suatu pembinaan terhadap Warga Binaan. Permasalahan yang terjadi di Lapas seperti overcapacity berpotensi menimbulkan konflik. Berkaitan dengan adanya konflik artinya terdapat gangguan keamanan dan ketertiban, artinya pembinaan saat ini masih tidak sepenuhnya sejalan dengan tujuan dari Sistem Pemasyarakatan. Penelitian ini memfokuskan kepada kebijakan tentang pembinaan saat ini dan penyelesaian konflik antar Warga Binaan Perempuan di Lapas Perempuan Kelas IIA Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris atau non doktrinal. Spesifikasi penelitian ini secara deskriptif analitis dan sumber dan jenis data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data penelitian adalah observasi terkait data yang diambil ketika penelitian dan wawancara dilakukan oleh beberapa responden yaitu Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan, Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Ketertiban, dan tiga orang Warga Binaan Perempuan Lapas Perempuan Kelas IIA Semarang. Metode analisis data secara kualitatif dan ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian terdiri dari dua hal yaitu kebijakan pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan saat ini serta penyelesaian konflik antar warga binaan perempuan di Lapas. Kebijakan pembinaan saat ini yaitu instrumen hukum internasional dan instrumen hukum nasional. Penyelesaian konflik antar warga binaan perempuan di Lapas Perempuan Kelas IIA Semarang sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 6 Tahun 2013 Tentang Tata Tertib Lembaga Pemasyarakatan Dan Rumah Tahanan Negara. Bagi kasus pelanggaran kategori ringan maka konflik itu akan diselesaikan secara mediasi dan toleransi, tetapi untuk kasus pelanggaran kategori berat dilaksanakan sidang TPP. Putusan dari sidang TPP yaitu penjatuhan hukuman disiplin.

Kata Kunci : Penyelesaian; Konflik; Warga Binaan Perempuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penyelesaian; Konflik; Warga Binaan Perempua
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 31 Oct 2023 06:29
Last Modified: 31 Oct 2023 06:31
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15271

Actions (login required)

View Item View Item