Search for collections on Undip Repository

ANALISIS HUBUNGAN TINGKAT STRES TERHADAP KEJADIAN INSOMNIA PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR DALAM MENGERJAKAN SKRIPSI DI FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS DIPONEGORO

RAHAYU, SINTYA INDAH (2023) ANALISIS HUBUNGAN TINGKAT STRES TERHADAP KEJADIAN INSOMNIA PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR DALAM MENGERJAKAN SKRIPSI DI FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO SINTYA INDAH.pdf - Published Version

Download (363kB)

Abstract

Stres dapat terjadi pada mahasiswa tingkat akhir dikarenakan adanya faktor risiko stres yang dialami. Hal ini dapat menyebabkan mahasiswa tingkat akhir bukan hanya mengalami stres namun juga dapat mengalami gangguan sulit tidur (insomnia). Stres dan insomnia yang tidak segera diatasi dapat berpengaruh terhadap semangat, kemampuan konsentrasi, produktivitas, keterampilan komunikasi, dan menyebabkan masalah kesehatan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan angara tingkat stres dengan kejadian insomnia pada mahasiswa tingkat akhir dalam mengerjakan skripsi di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian berjumlah 427 mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. Responden penelitian berjumlah 176 dengan teknik sampling menggunakan cluster sampling. Berdasarkan hasil uji chi square didapatkan nilai p-value 0,164 yang artinya tidak ada hubungan tingkat stres dengan kejadian insomnia. Serta diketahui beberapa faktor yang berhubungan dan tidak berhubungan dengan tingkat stres.

Kata kunci : Mahasiswa, tingkat stres, insomnia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:59
Last Modified: 08 Aug 2023 07:59
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15242

Actions (login required)

View Item View Item