Search for collections on Undip Repository

PERBANDINGAN ANTARA PLACENTA ACCRETA INDEX DAN SKORING TOVBIN SEBAGAI PREDIKTOR KEJADIAN PLASENTA ACCRETA SPECTRUM DISORDER (PASD) DI RSUP Dr. KARIADI SEMARANG

DINATA, WILLY ANGGA and HAFIZ, ALINI and Mochtar, Arufiadi Anityo and Dewantiningrum, Julian and Wiyati, Putri Sekar and Cahyanti, Ratnasari Dwi (2023) PERBANDINGAN ANTARA PLACENTA ACCRETA INDEX DAN SKORING TOVBIN SEBAGAI PREDIKTOR KEJADIAN PLASENTA ACCRETA SPECTRUM DISORDER (PASD) DI RSUP Dr. KARIADI SEMARANG. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-TESIS)
WILLY ANGGA DINATA - 22070116310001 - ABSTRAK.pdf

Download (34kB)

Abstract

Latar Belakang: Insiden Placenta Accreta Spectrum Disorders (PASD) di negara maju dilaporkan meningkat 10 kali lipat dalam 50 tahun terakhir. Peningkatan yang signifikan tersebut diikuti dengan peningkatan jumlah sectio caesarea dari 12,5% menjadi 23,5% dalam 10 tahun terakhir. Morbiditas maternal yang berhubungan dengan kejadian PASD mencapai 7% pada tindakan intraoperatif dan postoperatif, sedangkan morbiditasnya mencapai 60%. Pada kasus keterlambatan diagnosis, kematian ibu dengan plasenta akreta mencapai 30%. Upaya pencegahan kesakitan dan kematian ibu dapat dilakukan dengan deteksi dini pada kunjungan antenatal care. Sistem penilaian Placenta Accreta Index (PAI) dan Tovbin berdasarkan hasil pemeriksaan USG dapat digunakan untuk skrining plasenta akreta.
Tujuan: Menganalisis perbandingan akurasi sistem penilaian PAI dan Tovbin dalam memprediksi kejadian Placenta Accreta Spectrum Disorder (PASD).
Metode: Penelitian ini menggunakan observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode consecutive sampling. Terdapat 35 subjek yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Penilaian PAI dan Tovbin dilakukan pada setiap mata pelajaran yang dipilih. Keakuratan sistem penilaian PAI dan Tovbin dikonfirmasi dengan menegakkan diagnosis berdasarkan histopatologi PASD.
Hasil: Sistem skoring PAI dalam memprediksi PASD memiliki nilai sensitivitas 79,31%, spesifisitas 83,33%, nilai prediksi positif (NDP) 95,83%, nilai prediksi negatif (NDN) 45,45%, akurasi 80,00% . Sedangkan sistem Tovbin scoring diperoleh nilai sensitivitas 86,21%, spesifisitas 83,33%, NDP 96,15%, NDN 55,56%, akurasi 85,71%.
Kesimpulan: Pada perbandingan sistem skoring didapatkan bahwa sistem skoring Tovbin memiliki sensitivitas dan akurasi serta spesifisitas yang hampir sama dalam memprediksi Placenta Accreta Spectrum Disorder (PASD).
Kata Kunci: PAI, Skor Tovbin, PASD, Plasenta Akreta

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: PAI, Skor Tovbin, PASD, Plasenta Akreta
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:52
Last Modified: 08 Aug 2023 07:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15230

Actions (login required)

View Item View Item