Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK DALAM UPAYA MENGURANGI KERUSAKAN PRODUK PADA PT YCH INDONESIA SUPPLY POINT SEMARANG (CUSTOMER KIEVIT)

Mahfudhoh, Ayu Ainun (2023) ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK DALAM UPAYA MENGURANGI KERUSAKAN PRODUK PADA PT YCH INDONESIA SUPPLY POINT SEMARANG (CUSTOMER KIEVIT). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
MAL_S_Ayu Ainun Mahfudhoh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
COVER_Ayu Ainun Mahfudhoh.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text
BAB I_Ayu Ainun Mahfudhoh.pdf - Published Version

Download (136kB)
[img] Text
DAPUS_Ayu Ainun Mahfudhoh.pdf - Published Version

Download (114kB)

Abstract

PT. YCH Indonesia Supply Poin Semarang merupakan sebuah perushaan yang
bergerak pada bidang Thrid Party Logistic yaitu perusahaan yang menawarkan jasa
penyewaan warehouse sehingga perusahaan ini tidak memiliki produk yang
dihasilkan sendiri karena produk yang ditangani merupakan produk dari konsumen,
produk dari konsumen yang ditangani oleh PT YCH Indonesia Supply Point
Semarang adalah bahan makanan yang membutuhkan perlakukan khusus sehingga
PT YCH Indonesia Supply Point Semarang membutuhkan analisis pengendalian
kualitas untuk menjaga kualitas produk tetap baik. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk melakukan analisis upaya pengurangan produk rusak di PT YCH Indonesia
Supply Point Semarang menggunakan metode analisis PDCA (Plan-Do-CheckAction). Pada tahap Plan akan dilakukan analisis untuk mengetahi terdapat berapa
jenis damage yang ada pada perusahaan, jenis damage yang ada pada perusahaan
terbagi menjadi lima yaitu Broken Paper Bag, Leakage (powder spilled out), Dirty,
Improper Printing dan Improper Sealing. Selanjutnya dengan dibantu diagram
batang dapat ditemukan jenis kerusakan yang paling tingga yaitu Broken Paper Bag
dan Leakage (powder spilled out) lalu dilakukan analisis menggunakan diagram
fishbone dan dapat diketahui penyebab damage yang terjadi pada perusahaan.
Tahap selanjutnya yaitu Do merupakan tahap untuk mengidentifikasi tindakan yang
harus dilakukan untuk mengurangi produk damage dibantu dengan menggunakan
5W+1H. Selanjutnya tahap Check dilakukan pemerikasaan dengan memberikan
checksheet kepada karyawan dan tahap terakhir yaitu Action dilakukan
pengendalian kualitas dalam bentuk pembuatan One Point Leasson untuk kegiatan
Inbound. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa jenis damage yang paling tinggi
adalah Broken Paper Bag dan Leakage (Powder Spilled Out) yang disebabkan oleh
Man, Method, Mechine, dan Material. Sehingga ditemukan solusi yang harus
dilakukan adalah membuat jadwal trining berkala dan juga penerapan One Poin
Leasspon Inbound.
Kata kunci: PDCA, Pengendalian Kualitas, Produk Rusak, Thrid Party Logistic

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PDCA, Pengendalian Kualitas, Produk Rusak, Thrid Party Logistic
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: School of Vocation > Diploma in Management
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 11 Aug 2023 05:12
Last Modified: 18 Sep 2023 08:03
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15227

Actions (login required)

View Item View Item