Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PELAKU UMKM TERKAIT KERUGIAN MATERIIL YANG TIMBUL AKIBAT PERJANJIAN TEKNOLOGI FINANSIAL BERUPA PINJAMAN ONLINE_001 Perdata 2023

HALIMANA, NICO REXHAN and Malikhatun, Siti and R. Suharto, R. Suharto (2023) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PELAKU UMKM TERKAIT KERUGIAN MATERIIL YANG TIMBUL AKIBAT PERJANJIAN TEKNOLOGI FINANSIAL BERUPA PINJAMAN ONLINE_001 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peer to Peer Lending atau pinjaman online merupakan salah satu langkah inovasi dari penggunaan teknologi tersebut. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merupakan sebuah lembaga di Indonesia sebagai regulator peer to peer lending di Indonesia melalui POJK. No. 77/POJK.01/2016. Seiring berjalannya waktu, Indonesia menjumpai adanya penyimpangan hukum berupa Perbuatan Melawan Hukum yang dilakukan oleh penyelenggara fintech peer to peer lending legal maupun ilegal. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, penulis ingin membahas mengenai efektifitas pengaturan hukum positif negara Indonesia mengenai fintech berupa peer to peer lending serta bagaimana keabsahan perlindungan hukum bagi pelaku UMKM mengenai penggantian kerugian materiil apabila terjadi sengketa pinjaman online. Penulisan hukum ini menggunakan metode yuridis – normatif dan menggunakan spesifikasi penelitian deskriptif - analitis. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari studi literatur dengan mempelajari dan menelaah bacaan dan peraturan perundang-undangan yang relevan dengan masalah yang dibahas. Data ini meliputi data sekunder berupa dokumen hukum primer, dokumen hukum sekunder dan tersier. Tujuan penelitian ini ditujukan kepada pembaca terutama para calon pelaku UMKM yang menjalankan suatu usaha dengan meminjam dana pada penyelenggara fintech peer to peer lending dapat mengerti dan memahami legal standing dari perlindungan hukum mengenai Perbuatan Melawan Hukum yang dilakukan fintech peer to peer lending ilegal maupun legal. Hasil penelitian yang ingin penulis sampaikan pada penelitian ini adalah analisis perlindungan hukum normatif serta penggantian kerugian akibat tindakan – tindakan Perbuatan Melawan Hukum penyelenggara peer to peer lending.
Kata Kunci: Peer to Peer Lending, Perbuatan Melawan Hukum, Kerugian Materiil, Perlindungan Hukum

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 31 Oct 2023 08:55
Last Modified: 31 Oct 2023 08:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15204

Actions (login required)

View Item View Item