SYAFIQ, Abdullah (2023) MODEL TRANSFORMASI PENDIDIKAN PESANTREN DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM DILIHAT DARI RELEGIUSITAS LOKAL MENUJU IDEALITAS GLOBAL PADA PONDOK PESANTREN RAUDLOH AL THOHIRIYAH KAJEN PATI. Masters thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Text (Cover)
1._T___Cover___120101204148.pdf - Published Version Download (234kB) |
|
Text (Abstrak (Inggris))
4._T___Abstrak_(Inggris)___120101204148.pdf - Published Version Download (253kB) |
|
Text (Abstrak (Indonesia))
5._T___Abstrak_(Indonesia)___120101204148.pdf - Published Version Download (254kB) |
|
Text (Daftar Isi)
6._T___Daftar_Isi___120101204148.pdf - Published Version Download (276kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
12._T___Daftar_Pustaka___120101204148.pdf - Published Version Download (327kB) |
|
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._T___Fulltext_PDF_Bookmarks___120101204148.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tesis ini berjudul Model Transformasi Pendidikan Pesantren Dalam
Pengembangan Kurikulum Dilihat Dari Relegiusitas Lokal Menuju Idealitas Global
Pada Pondok Pesantren Raudloh Al Thohiriyah Kajen Pati, Dalam perkara
transformasi Pendidikan dalam pengembangan kurikulum, maka berdasarkan
uraian dalam tesis ini, permasalahan yang akan di teliti adalah: 1). Bagaimana
Model Transformasi Pendidikan Pesantren Raudloh Al Thohiriyah Kajen Pati. 2)
Bagaimana pelaksanaan dalam Pengembangan Kurikulum Pondok Pesantren
Raudloh Al Thohiriyah Kajen Pati Dilihat Dari Relegiusitas Lokal Menuju Idealitas
Global.
Metode pengumpulan data dalam tesis ini pada Penelitian ini
nantinya akan menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan
partisipatif melalui tahapan bertingkat, maka Teknik Analisis data ini menggunakan
analisis ( Triangulasi) di jabarkan Analisis triangulasi merupakan upaya sintesis
dan pengelompokan data hasil dari observasi, interview, maupun FGD. dalam
penelitian ini bersifat deskriptif analitis. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa
1) Transformasi kurikulum pendidikan mempunyai peran dan kegunaan yang
sangat penting, karena transformasi kurikulum ini mengarahkan dalam semua
kegiatan pendidikan yang dilakukan oleh suatu lembaga. 2) Faktor utama
penghambat terjadinya transformasi pendidikan adalah pandangan konservatif.
Artinya adalah bahwa keadaan yang sudah ada saat itu adalah terbaik dan tidak
perlu dirubah. Pandangan ini masih dimiliki sebagian pengasuh pondok pesantren
sehingga mengakibatkan kemunduran. 3) Pengembangan materi kurikulum dalam
meningkatkan mutu pendidikan Pondok Pesantren Raudloh Al Thohiriyah (Al
Mardliyah) Kajen Pati bersumber dari komponen kurikulum dan ketuntasan belajar,
muatan kurikulum, muatan lokal, pengembangan diri, pendidikan kecakapan hidup
(life skill), pengaturan beban belajar. 4). Pada Era global juga merupakan era
komunikasi dan informasi dimana seseorang dapat dengan mudah mengakses
informasi dengan cepat dan lengkap dan melakukan komunikasi dengan siapapun,
dimanapun dan kapanpun dengan peralatan teknologi yang sangat maju.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Transformasi, Pesantren, Kurikulum, Era Globalisasi |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Master Program in Management |
Depositing User: | Mr Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 08:53 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 08:53 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15174 |
Actions (login required)
View Item |