Search for collections on Undip Repository

MODEL TRANSFORMASI PENDIDIKAN PESANTREN DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM DILIHAT DARI RELEGIUSITAS LOKAL MENUJU IDEALITAS GLOBAL PADA PONDOK PESANTREN RAUDLOH AL THOHIRIYAH KAJEN PATI

SYAFIQ, Abdullah (2023) MODEL TRANSFORMASI PENDIDIKAN PESANTREN DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM DILIHAT DARI RELEGIUSITAS LOKAL MENUJU IDEALITAS GLOBAL PADA PONDOK PESANTREN RAUDLOH AL THOHIRIYAH KAJEN PATI. Masters thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._T___Cover___120101204148.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._T___Abstrak_(Inggris)___120101204148.pdf - Published Version

Download (253kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._T___Abstrak_(Indonesia)___120101204148.pdf - Published Version

Download (254kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._T___Daftar_Isi___120101204148.pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._T___Daftar_Pustaka___120101204148.pdf - Published Version

Download (327kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._T___Fulltext_PDF_Bookmarks___120101204148.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini berjudul Model Transformasi Pendidikan Pesantren Dalam
Pengembangan Kurikulum Dilihat Dari Relegiusitas Lokal Menuju Idealitas Global
Pada Pondok Pesantren Raudloh Al Thohiriyah Kajen Pati, Dalam perkara
transformasi Pendidikan dalam pengembangan kurikulum, maka berdasarkan
uraian dalam tesis ini, permasalahan yang akan di teliti adalah: 1). Bagaimana
Model Transformasi Pendidikan Pesantren Raudloh Al Thohiriyah Kajen Pati. 2)
Bagaimana pelaksanaan dalam Pengembangan Kurikulum Pondok Pesantren
Raudloh Al Thohiriyah Kajen Pati Dilihat Dari Relegiusitas Lokal Menuju Idealitas
Global.
Metode pengumpulan data dalam tesis ini pada Penelitian ini
nantinya akan menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan
partisipatif melalui tahapan bertingkat, maka Teknik Analisis data ini menggunakan
analisis ( Triangulasi) di jabarkan Analisis triangulasi merupakan upaya sintesis
dan pengelompokan data hasil dari observasi, interview, maupun FGD. dalam
penelitian ini bersifat deskriptif analitis. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa
1) Transformasi kurikulum pendidikan mempunyai peran dan kegunaan yang
sangat penting, karena transformasi kurikulum ini mengarahkan dalam semua
kegiatan pendidikan yang dilakukan oleh suatu lembaga. 2) Faktor utama
penghambat terjadinya transformasi pendidikan adalah pandangan konservatif.
Artinya adalah bahwa keadaan yang sudah ada saat itu adalah terbaik dan tidak
perlu dirubah. Pandangan ini masih dimiliki sebagian pengasuh pondok pesantren
sehingga mengakibatkan kemunduran. 3) Pengembangan materi kurikulum dalam
meningkatkan mutu pendidikan Pondok Pesantren Raudloh Al Thohiriyah (Al
Mardliyah) Kajen Pati bersumber dari komponen kurikulum dan ketuntasan belajar,
muatan kurikulum, muatan lokal, pengembangan diri, pendidikan kecakapan hidup
(life skill), pengaturan beban belajar. 4). Pada Era global juga merupakan era
komunikasi dan informasi dimana seseorang dapat dengan mudah mengakses
informasi dengan cepat dan lengkap dan melakukan komunikasi dengan siapapun,
dimanapun dan kapanpun dengan peralatan teknologi yang sangat maju.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Transformasi, Pesantren, Kurikulum, Era Globalisasi
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Master Program in Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 04 Aug 2023 08:53
Last Modified: 04 Aug 2023 08:53
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15174

Actions (login required)

View Item View Item