Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PEMBERIAN DLBS3233, METFORMIN DAN KOMBINASI KEDUANYA TERHADAP EKSPRESI VASCULAR ENDOTHELIAL GROWTH FACTOR DAN LUAS IMPLAN ENDOMETRIOSIS PADA MENCIT BALB/C MODEL ENDOMETRIOSIS

Wardana, Setya Girindra and Trisetiyono, Yuli and Hadijono, R. Soerjo and Mulyantoro, Inu and Cahyanti, Ratnasari Dwi and Dewantiningrum, Julian (2023) PENGARUH PEMBERIAN DLBS3233, METFORMIN DAN KOMBINASI KEDUANYA TERHADAP EKSPRESI VASCULAR ENDOTHELIAL GROWTH FACTOR DAN LUAS IMPLAN ENDOMETRIOSIS PADA MENCIT BALB/C MODEL ENDOMETRIOSIS. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-TESIS)
ABSTRAK THESIS - SETYA GIRINDRA W.pdf

Download (76kB)

Abstract

Latar Belakang: Endometriosis adalah kelainan ginekologi yang ditandai dengan adanya jaringan endometrium di luar rongga rahim. Proses angiogenesis diatur oleh VEGF yang berperan penting dalam perkembangan implan endometriosis. Metformin adalah sensitizer insulin yang diketahui memiliki efek dalam pengobatan endometriosis dan DLBS3233 adalah agonis PPARγ, diharapkan dapat menurunkan VEGF dan mengurangi implan endometrium. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efek DLBS3233, metformin dan kombinasi terhadap ekspresi VEGF dan luas implan endometrium mencit yang diinduksi endometriosis.
Metode: Penelitian ini bersifat eksperimental dengan menggunakan mencit endometriosis 28 BALB/c umur 3 bulan yang dibagi secara acak dan sama rata menjadi empat kelompok (K, P1, P2, dan P3). Pada hari ke-15 kelompok K diberikan plasebo, kelompok P1 diberikan DLBS3233 0,25 mg/hari selama 14 hari, kelompok P2 diberikan metformin 4 mg/hari selama 14 hari dan kelompok P3 diberikan kombinasi. Imunohistokimia ekspresi VEGF dilakukan dari jaringan rongga perut dan panggul tikus dan diukur dengan Remmele Scale Index, sedangkan implan endometrium tikus yang diekstraksi dianalisis dengan komputerisasi. Semua data dilakukan uji normalitas dengan uji Shapiro-Wilk. Uji beda rata-rata semua kelompok dianalisis menggunakan uji One-Way ANOVA dan uji Kruskal-wallis.
Hasil: terdapat perbedaan bermakna secara statistik pada ekspresi VEGF (p=0,005) dan luas implan endometrium (p=0,001). Ekspresi VEGF pada kelompok P2 secara signifikan lebih rendah dibandingkan kelompok lain dan luas implan endometriosis secara signifikan lebih rendah dibandingkan kelompok lain.
Simpulan: DLBS3233 dan Metformin mungkin merupakan pengobatan efektif yang potensial untuk endometriosis dengan mengurangi ekspresi VEGF dan implan endometrium.
Kata Kunci: DLBS3233, Metfromin, VEGF, Endometriosis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: DLBS3233, Metfromin, VEGF, Endometriosis
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 04 Aug 2023 07:25
Last Modified: 04 Aug 2023 07:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15150

Actions (login required)

View Item View Item