Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA SENSE OF HUMOR DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA TAHUN KETIGA TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS DIPONEGORO

Dienhaq, Salma and Prihatsanti, Unika (2023) HUBUNGAN ANTARA SENSE OF HUMOR DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA TAHUN KETIGA TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
00. Abstrak + Bab 1_Skripsi_Salma Dienhaq.pdf

Download (155kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sense of humor dengan stres akademik pada mahasiswa tahun ketiga Teknik Elektro Universitas Diponegoro. Mahasiswa tahun ketiga merupakan mahasiswa yang sedang menghadapi beban belajar yang tinggi sehingga memunculkan tekanan serta tuntutan akademik tertentu yang dapat disebut sebagai stres akademik. Salah satu aspek dari sense of humor adalah penggunaan humor untuk coping yang membantu individu dalam mengatasi stres. Subjek pada penelitian ini berjumlah 70 mahasiswa yang dipilih menggunakan incidental sampling. Pengumpulan data menggunakan dua skala psikologi yaitu skala sense of humor (14 aitem valid, α = 0.808) dan skala stres akademik (42 aitem valid, α = 0.927). Uji hipotesis menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan menghasilkan adanya hubungan positif tidak signifikan antara sense of humor dengan stres akademik (F = 2.354, r = 0.183, p = 0.130, R2 = 0.033). Penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara kedua variabel bersifat sangat lemah. Hasil penelitian menggambarkan bahwa semakin tinggi sense of humor akan menentukan stres akademik yang tinggi pula semakin rendah sense of humor akan menentukan stres akademik yang rendah pula secara tidak signifikan dan sangat lemah.

Kata kunci: sense of humor, stres akademik, mahasiswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:01
Last Modified: 05 Feb 2024 03:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15140

Actions (login required)

View Item View Item