Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN HUKUM PERSIAPAN PENGADAAN TANAH BAGI PEMBANGUNAN UNTUK KEPENTINGAN UMUM DI KOTA SEMARANG (Studi Pada Proyek Jalan Tol Semarang-Demak Seksi I)_011 Perdata 2023

Dewandani, Adinda and Dewi, IGA.Gangga Santi and Ardani, Mira Novana (2023) TINJAUAN HUKUM PERSIAPAN PENGADAAN TANAH BAGI PEMBANGUNAN UNTUK KEPENTINGAN UMUM DI KOTA SEMARANG (Studi Pada Proyek Jalan Tol Semarang-Demak Seksi I)_011 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengadaan tanah merupakan cara memperoleh tanah dengan memberikan ganti rugi yang layak kepada pihak yang berhak, melepaskan hak atas tanah dan dengan melakukan pencabutan hak atas tanah tersebut. Pada proyek pembangunan jalan tol Semarang-Demak Seksi I di Kota Semarang tidak sedikit membutuhkan tanah, sehingga perlu pengadaan tanah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami tentang penyelenggaraan persiapan pengadaan tanah untuk pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Seksi I di Kota Semarang. Selain itu, untuk mengetahui dan memahami hambatan-hambatan yang terjadi dalam persiapan pengadaan dan solusi dalam mengatasi hambatan tersebut. Riset/penelitian ini dilaksankan menggunakan metode pendekatan yuridis empiris yang membutuhkan data primer dan data sekunder. Data-data tersebut dikumpulkan melalui wawancara dan studi kepustakaan, yang kemudian diolah dan dianalisis menggunakan interpertasi kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyelenggaraan tahap persiapan pengadaan tanah jalan tol Semarang-Demak Seksi I dilakukan pada masing-masing Desa/Kelurahan dalam satu rangkaian acara.Tahapan pada tahap persiapan pengadaan tanah dimulai dengan pemberitahuan rencana pembangunan, pendataan awal, konsultasi publik, penetapan lokasi, dan pengumuman penetapan lokasi. Perihal pelaksanaannya didasarkan pada DPPT Tahun 2018. Penyelenggaraan tahap persiapan pada proyek jalan tol Semarang-Demak Seksi I di Kota Semarang telah sesuai dengan aturan yang berlaku dan dilaksanakan berdasarkan asas-asas pengadaan tanah. Hambatan pada jalan tol Semarang-Demak Seksi I yaitu pembebasaan lahan yang melebihi batas waktu penetapan lokasi sehingga solusi yang diberikan yaitu dengan melakukan pembaruan DPPT atas tanah sisa tanpa melalui tahapan persiapan dan langsung terbit penetapan lokasi atas tanah sisa atau tanah yang belum dibebaskan. Munculnya masyarakat yang keberatan tanahnya dinyatakan tanah musnah sehingga solusinya dengan melakukan sosialisasi mengenai aturan tanah musnah dan menerbitkan review risalah atas tanah musnah. Penyelenggaraan persiapan pengadan tanah pembangunan jalan tol Semarang-Demak Seksi I di Kota Semarang teleh sesuai dengan aturan yang berlaku. Perihal produk hukum dari tahapan persiapan pengadaan tanahberupa penetapan lokasi yang didasarkan atas hasil kesepakatan.

Kata kunci: Pengadaan Tanah; Persiapan Pengadaan Tanah Jalan Tol Semarang-Demak Seksi I; Hambatan; Solusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 01 Nov 2023 01:53
Last Modified: 01 Nov 2023 01:53
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15130

Actions (login required)

View Item View Item