Search for collections on Undip Repository

KONFLIK NEGARA DAN RAKYAT (ANALISIS AKTOR DAN KEPENTINGAN PADA KASUS WADAS, PURWOREJO, JAWA TENGAH)

Try Putra, Didik (2023) KONFLIK NEGARA DAN RAKYAT (ANALISIS AKTOR DAN KEPENTINGAN PADA KASUS WADAS, PURWOREJO, JAWA TENGAH). Masters thesis, Master Program In Political Science.

[img] Text
0. Cover.pdf - Submitted Version

Download (438kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (737kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (309kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (211kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini membahas konflik negara dan rakyat (analisis aktor dan kepentingan pada kasus Wadas, Purworejo, Jawa Tengah). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor penyebab terjadinya konflik negara dan rakyat dalam penolakan masyarakat terhadap petambangan batu andesit di Desa Wadas, mengidentifikasi adanya pertarungan kepentingan ekonomi, sosial atau politik dalam penolakan masyarakat terhadap pertambangan batu andesit di Desa Wadas, mengidentifikasi kepentingan dan pengaruh masing-masing aktor yang terlibat dalam konflik negara dan rakyat dalam penolakan masyarakat terhadap petambangan batu andesit di Desa dan menganalisis dampak dari konflik negara dan rakyat dalam penolakan masyarakat terhadap pertambangan batu andesit di Desa Wadas Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode atau jenis penelitian kualitatif. Proses penelitian kualitatif melibatkan pertanyaan yang diajukan kepada informan melalui proses wawancara langsung secara mendalam (depth interview), serta melalui sumber-sumber dokumen yang lain. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dengan cara teknik survei kelapangan dan wawancara mendalam, berbeda dengan sumber data sekunder diperoleh dari hasil beberapa literatur, buku-buku, jurnal ilmiah serta artikel terkait dan dokumen perundang-undangan dalam fokus penelitian ini serta dokumen dari lapangan.
Hasil penelitian dilapangan konflik yang terjadi di Desa Wadas, Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo, merupakan konflik yang terjadi antara negara dan rakyat disebabkan adanya benturan kepentingan, perbedaan persepsi terhadap sumber daya alam dan pemerintah dan masyarakat berpolitik. Konflik negara dan rakyat dalam penolakan pertambangan batu andesit di Desa Wadas terjadi karena terjadinya pertarungan kepentingan ekonomi, sosial dan politik. Konflik antara negara dan rakyat pada kasus Wadas, Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo melibatkan banyak aktor, aktor tersebut ialah: aktor pemerintah/birokrasi, korporat/kapital, masyarakat, media, LSM, tokoh masyarakat/agama, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Yogyakarta, Lembaga Bantuan Hukum (LBH). Kemudian konflik antara negara dan rakyat pada kasus Wadas menimbulkan dampak, dampak tersebut meliputi dampak sosial, dampak psikologis, dampak budaya dan ekonomi.

Kata Kunci : Konflik, penambangan batu andesit, dan dampak-dampak konflik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Master Program in Political Science
Depositing User: Apriyanto MIPOL
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:46
Last Modified: 02 Aug 2023 07:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15122

Actions (login required)

View Item View Item