Search for collections on Undip Repository

GAMBARAN MANAJEMEN RISIKO PAPARAN COVID-19 DI PERUSAHAAN MINYAK DAN GAS PT X DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19 AKIBAT KERJA

SABILA, ULYA SABIQ (2023) GAMBARAN MANAJEMEN RISIKO PAPARAN COVID-19 DI PERUSAHAAN MINYAK DAN GAS PT X DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19 AKIBAT KERJA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ULYA SABIQ.pdf - Published Version

Download (250kB)

Abstract

Sektor energi khususnya minyak dan gas bumi merupakan salah satu sektor esensial yang diizinkan untuk terus beroperasi selama pandemi COVID-19. PT X memiliki kantor pusat dan sebagian besar wilayah kelola di Provinsi DKI Jakarta, yang merupakan salah satu provinsi dengan dampak COVID-19 tertinggi di Indonesia. Menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi PT X untuk memastikan kegiatan operasional perusahaan tetap berjalan lancar di area perkantoran maupun area lapangan, selagi menyesuaikan diri dengan kebijakan yang dinamis. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan manajemen risiko paparan COVID-19 di tempat kerja PT X sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19 di PT X. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menyatakan bahwa manajemen risiko COVID-19 ditinjau dari aspek penilaian risiko, pengendalian risiko, surveilans COVID-19, pemantauan dan peninjauan risiko, serta pencatatan dan pelaporan kasus COVID-19 yang telah dilaksanakan, sudah sesuai dengan regulasi dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Ketenagakerjaan, dan juga arahan dari ILO walaupun dalam hal pengendalian risiko khususnya pengaturan sirkulasi udara masih belum bisa maksimal karena sulitnya menerapkan rekayasa teknis di gedung tempat kerja PT X. Manajemen risiko COVID-19 yang secara keseluruhan sudah efektif diterapkan oleh PT X diharapkan dapat menjadi fondasi kuatnya sistem penanganan penyakit menular di masa yang akan datang.

Kata kunci : manajemen risiko, COVID-19, sektor minyak dan gas bumi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:27
Last Modified: 01 Aug 2023 08:27
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15115

Actions (login required)

View Item View Item