Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PENATAAN RUANG TERBUKA HIJAU DI KOTA SEMARANG_004 HAN 2023

Al Giffari, Ilham and Adiyanta, FC. Susila and Suhartoyo, Suhartoyo (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PENATAAN RUANG TERBUKA HIJAU DI KOTA SEMARANG_004 HAN 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ruang Terbuka Hijau (RTH)adalah unsur perkotaan yang sangat penting untuk menunjang segala aktivitas dan kehidupan penduduk. Pada dasarnya ruang terbuka hijau merupakan unsur alamiah yang berperan penting dalam mewujudkan kota yang proporsional serta ramah lingkungan. Menurut ketentuan yang berlaku proporsi ruang terbuka hijaudi perkotaan minimal 30%. Langkah ini diambil oleh pemerintah untuk menjamin keseimbangan pembangunan perkotaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasikebijakan pengelolaan dan kendala dalampenataan ruang terbuka hijau di Kota Semarang yang dialami oleh Dinas Penataan Ruang dan Dinas Permukiman dan Kawasan Perumahan Kota Semarang.
Metode pendekatan yang dilakukan dalam melakukan penulisan hukum ini adalah yuridis empiris. Dalam menggunakan metode yuridis empiris ini dilakukan dengan dua metode pendekatan yaitu pendekatan wawancara dan pengamatan di lapangan. Secara garis besar pendekatan wawancara ini menggunakan narasumber terpercaya yang terkait dengan permasalahan yang sedang diteliti. Sedangkan pada pendekatan pengamatan langsung peneliti ikut langsung ke lapangan dalam meneliti permasalahan yang sedang terjadi.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh pada tahun 2021 luas ruang terbuka hijau publik 1.042 ha dan privat 4.025 ha (15% dari luas wilayah kota) serta pada tahun 2022 luas ruang terbuka hijau publik dan privat 2.580,585 (20,07% dari luas wilayah kota).Kemudian dijelaskan bagaimana peran Pemerintah Kota Semarang lewat Dinas Penataan Ruang dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dalam melaksanakan implementasi kebijakan penataan ruang terbuka hijau. Selanjutnya, akan dijelaskan hambatan serta solusi yang dihadapi oleh Pemerintah Kota Semarang sebagai dalam melaksanakan penataan ruang terbuka hijau perkotaan.
Kata Kunci:Ruang Terbuka Hijau Perkotaan; Penataan Ruang; Implementasi Kebijakan Pemerintah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 01 Nov 2023 02:41
Last Modified: 01 Nov 2023 02:41
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15082

Actions (login required)

View Item View Item