Search for collections on Undip Repository

“PROSES PEMBUATAN WARNA ALAMI DANTEKNIKPEWARNAAN KAIN BATIK DI KUBE PUTRI KAWUNG”

Nugroho, Dhimas Aji (2023) “PROSES PEMBUATAN WARNA ALAMI DANTEKNIKPEWARNAAN KAIN BATIK DI KUBE PUTRI KAWUNG”. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
RPM_S_DHIMAS AJI N.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Putri Kawung adalah salah satu kelompok usaha Bersama (KUBe) batikdi
Desa Jarum, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten. Kelompok ini terbentukpadabulan Juni 2011 sebagai hasil dari kegiatan Pengabdian bagi Masyarakat (PbM)
yang dilakukan oleh beberapa dosen dari Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi
UPN “Veteran” Yogyakarta. Putri Kawung memfokuskan produksinya padapembuatan batik tulis, baik dengan pewarnaan alami maupun pewarnaan sintetis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa proses dan hasil pewarnaankain batik yang ada di KUBE Putri Kawung. Metode yang digunakan dalampenelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakandalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan teknikdokumentasi. Hasil dari analisis proses dan hasil pewarnaan yang ada di KUBEPutri Kawung yaitu bahan alami yang digunakan pewarna di KUBE Putri Kawungyaitu kulit buah jolawe menghasilkan warna hijau kekuningan, kulit kayutingi
menghasilkan warna cokelat kemerahan, kulit kayu jambal menghasilkan warnakuning kecoklatan, kayu secang menghasilkan warna oranye, kayu tegeranmenghasilkan warna kuning pekat, indigofera menghasilkan warna biru, kunyit
menghasilkan warna kuning, bawang merah menghasilkan warna cokelat jingga, daun teh menghasilkan warna cokelat khas daun teh, dan kulit manggismenghasilkan warna merah, ungu hingga kebiruan. Kata kunci : KUBE Putri Kawung, pewarnaan alami, hasil pewarnaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: KUBE Putri Kawung, pewarnaan alami, hasil pewarnaan.
Subjects: Engineering
Divisions: School of Vocation > Diploma in Mechanical Engineering
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 11 Aug 2023 05:09
Last Modified: 11 Aug 2023 05:09
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15081

Actions (login required)

View Item View Item