Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM ANAK BUAH KAPAL MIGRAN INDONESIA TERHADAP PERBUATAN EKSPLOITASI DI ATAS KAPAL PENANGKAP IKAN BERBENDERA ASING_005 HAN 2023

NOVIANTIE, ADE LULU and Sonhaji, Sonhaji and Suhartoyo, Suhartoyo (2023) PERLINDUNGAN HUKUM ANAK BUAH KAPAL MIGRAN INDONESIA TERHADAP PERBUATAN EKSPLOITASI DI ATAS KAPAL PENANGKAP IKAN BERBENDERA ASING_005 HAN 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABK migran Indonesia yang bekerja pada industri di bidang perikanan khususnya di atas kapal penangkap ikan di negara Asia kerap menerima tindakan eksploitasi. Perbuatan eksloitasi yang dilakukan di antaranya upah yang diterima oleh ABK cukup rendah, kekerasan gender atau seksual di tempat kerja, pemotongan upah, eksploitasi dengan jam kerja yang tidak manusiawi tanpa adanya istirahat, isolasi di tempat gelap berhari-hari terhadap ABK yang malas, sakit dan tidak patuh pada perintah kapten, dan perlakuan yang paling tidak manusiawi adalah pembunuhan kemudian membuang jasad ABK ke laut sehingga diduga sebagai korban tenggelam. Penulisan hukum ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi perlidungan hukum berkaitan dengan hak-hak anak buah kapal dan penegakan hukum dari perbuatan eksploitasi tenaga kerja ABK migran Indonesia yang bekerja di atas kapal penangkap ikan asing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode yuridis empiris dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis yang bertujuan untuk memperoleh gambaran secara sistematis, jelas dan menyeluruh mengenai data yang telah terkumpul dan berkaitan dengan permasalahan. Jenis data yang akan digunakan dalam penelitian ini di antaranya data primer yang terdiri dari informasi, kenyataan atau pernyataan dari pihak-pihak yang terlibat saat penelitian lapangan, dan data sekunder yang diperoleh dari hasil kajian kepustakaan dan kajian yang bersumber dari berbagai literatur yang berkaitan dengan permasalahan dalam penelitian ini. Data sekunder terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu perlindungan terhadap hak-hak ABK migran Indonesia di atas kapal penangkap ikan berbendera asing berlandaskan pada Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Undang-Undang No. 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia. Namun, tidak sepenuhnya ABK migran Indonesia terlindungi dari ancaman eksploitasi tenaga kerja. Upaya penegakan hukum yang dilakukan pemerintah adalah dengan memberikan pengawasan dan bantuan hukum berupa pendampingan hingga permasalahan selesai.
Kata Kunci: ABK Migran Indonesia, Eksploitasi, Perlindungan Hukum

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 01 Nov 2023 02:39
Last Modified: 01 Nov 2023 02:39
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15078

Actions (login required)

View Item View Item