Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PELAKSANAAN BULAN IMUNISASI ANAK NASIONAL (BIAN) DI PUSKESMAS BENDA BARU DAN PUSKESMAS SERPONG 1 KOTA TANGERANG SELATAN

ANDINI, NOVINDA DWI (2023) ANALISIS PELAKSANAAN BULAN IMUNISASI ANAK NASIONAL (BIAN) DI PUSKESMAS BENDA BARU DAN PUSKESMAS SERPONG 1 KOTA TANGERANG SELATAN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO NOVINDA.pdf - Published Version

Download (425kB)

Abstract

Upaya pemerintah untuk meningkatkan cakupan imunisasi akibat adanya pandemi COVID-19 adalah dengan mengadakan pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang terdiri dari imunisasi kejar dan imunisasi tambahan. Namun, berdasarkan data cakupan BIAN tahun 2022, di Kota Tangerang Selatan bahwa dari 31 puskesmas yang ada, Puskesmas Serpong 1 memiliki cakupan imunisasi kejar terendah sedangkan Puskesmas Benda Baru memiliki cakupan imunisasi kejar tertinggi di Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini dilakukan pada bulan April-Mei tahun 2023 yang bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan BIAN di Puskesmas Benda Baru dan Puskesmas Serpong 1 dengan pendekatan teori sistem yaitu aspek masukan, proses, keluaran dan aspek diluar sistem yaitu lingkungan melalui pendekatan deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan di Puskesmas Serpong 1 terdapat perbedaan variabel yang belum sesuai standar yaitu ketersediaan bidan, ketersediaan dan pemanfaatan pedoman petunjuk teknis BIAN, penentuan jumlah sasaran BIAN dan hasil dari sweeping yang belum sesuai. Sedangkan untuk variabel lain sudah sesuai standar. Oleh karena itu, Puskesmas Serpong 1 dapat mengajukan penambahan bidan melalui DKK Tangerang Selatan, meningkatkan pemanfaatan pedoman petunjuk teknis BIAN, meningkatkan perencanaan data sasaran, menambah daftar kontak ibu bayi untuk memudahkan sweeping sedangkan Untuk DKK Tangerang Selatan melaksanakan pelatihan BIAN untuk seluruh tenaga kesehatan.
Kata Kunci: Analisis Pelaksanaan, Imunisasi, Puskesmas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:18
Last Modified: 31 Jul 2023 07:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15076

Actions (login required)

View Item View Item