Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU, PENGETAHUAN, SIKAP, DAN DUKUNGAN PENGELOLA TERHADAP PERILAKU KESIAPSIAGAAN PEDAGANG MENGHADAPI BENCANA KEBAKARAN DI PASAR X BEKASI

SALSABILLA, SARAH (2023) HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU, PENGETAHUAN, SIKAP, DAN DUKUNGAN PENGELOLA TERHADAP PERILAKU KESIAPSIAGAAN PEDAGANG MENGHADAPI BENCANA KEBAKARAN DI PASAR X BEKASI. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO SARAH SALSABILLA.pdf - Published Version

Download (433kB)

Abstract

Kesiapsiagaan merupakan sebuah langkah antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana agar mengurangi risiko yang dapat ditimbulkan, termasuk terhadap bencana kebakaran. Perilaku kesiapsiagaan seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor pemudah (pengetahuan, sikap, nilai, karakteristik individu), faktor pemungkin (keterampilan, sumber daya, regulasi), serta faktor penguat (dukungan keluarga, rekan, serta pihak pengelola). Pasar X Bekasi pernah mengalami peristiwa kebakaran dan masih menjadi salah satu tempat dengan risiko yang besar terhadap bencana tersebut. Oleh karena itu, diperlukan perilaku kesiapsiagaan pedagang untuk menghadapi bencana kebakaran. Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk menganalisis hubungan karakteristik individu, pengetahuan, sikap, dan dukungan pengelola terhadap perilaku kesiapsiagaan pedagang menghadapi bencana kebakaran di Pasar X Bekasi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional yang melibatkan 75 pedagang sebagai sampel dengan menggunakan simple random sampling. Data diambil dengan pengisian kuesioner melalui wawancara bersama responden serta menggunakan analisis data univariat dan bivariat menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara jenis kelamin (p-value=0,001), tingkat pendidikan (p-value=0,011), serta pengetahuan (p-value=0,006) terhadap perilaku kesiapsiagaan pedagang. Akan tetapi, tidak terdapat hubungan antara usia (p-value=0,575), sikap (p-value=0,163), serta dukungan pengelola (p-value=0,330) terhadap perilaku kesiapsiagaan pedagang.

Kata Kunci : Kesiapsiagaan, Bencana Kebakaran, Pedagang, Pasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 31 Jul 2023 04:31
Last Modified: 31 Jul 2023 04:31
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15068

Actions (login required)

View Item View Item