Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Jus Buah Carica pubescens Terhadap Ekspresi Vascular Endothelial Growth Factor (VEGF) pada Ginjal Tikus Wistar Diabetes Melitus Tipe 2

Erikardo, Oktadio and Muniroh, Muflihatul and Widyastiti, Nyoman Suci (2021) Pengaruh Jus Buah Carica pubescens Terhadap Ekspresi Vascular Endothelial Growth Factor (VEGF) pada Ginjal Tikus Wistar Diabetes Melitus Tipe 2. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
cover-abstrak.pdf

Download (648kB)
[img] Text (BAB 1)
12. BAB I - PENDAHULUAN.pdf

Download (368kB)
[img] Text (BAB 2)
13. BAB II - TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img] Text (BAB 3)
14. BAB III - METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text (BAB 4)
15. BAB IV - HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img] Text (BAB 5)
16. BAB V - KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text (BAB 6)
17. BAB VI - RINGKASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text (DAPUS-LAMPIRAN)
dapus-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Kerusakan sel endotel akibat proses inflamasi atau stres oksidatif pada diabetes melitus tipe 2 (DM tipe 2) dapat memicu peningkatan ekspresi Vascular Endothelial Growth Factor (VEGF). Ekspresi VEGF berlebih dapat memicu angiogenesis yang abnormal. Buah Carica pubescens (CP) mengandung senyawa flavonoid seperti rutin dan kuersetin yang diketahui dapat menurunkan ekspresi VEGF serta dapat bertindak sebagai anti-hiperglikemia, anti-inflamasi, dan antioksidan sehingga berpotensi dalam menurunkan ekspresi VEGF pada kondisi DM tipe 2. Tujuan: Menganalisis pengaruh jus buah CP terhadap ekspresi VEGF di ginjal serta hubungannya dengan kadar glukosa darah puasa (GDP) dan tumor necrosis factor alpha (TNF-α) pada tikus yang diinduksi HFD-STZ, dengan rutin murni sebagai pembanding. Metode: Desain penelitian ini adalah randomized post-test only control group design. Pemeriksaan ekspresi VEGF dengan metode imunohistokimia dilakukan pada 25 blok parafin organ ginjal tikus wistar jantan yang terbagi dalam 5 kelompok, yaitu: K- = tikus sehat; K+ = tikus DM tipe 2; X1 dan X2 = tikus DM tipe 2 yang diberikan jus buah CP dengan dosis 4 mL/200 g BB/hari dan 8 mL/200 g BB/hari; X3 = tikus DM tipe 2 yang diberikan rutin murni 10 mg/200 g BB/hari. Perlakuan diberikan melalui sonde lambung selama 30 hari. Hasil: Ekspresi VEGF menurun secara signifikan pada kelompok perlakuan X1 dan X2 dibandingkan dengan kelompok K+ (p<0,05) sedangkan, pada kelompok X3 tidak memiliki perbedaan yang signifikan terhadap kelompok K+. Antara kelompok X1 dan X2 tidak memiliki perbedaan yang signifikan terhadap ekspresi VEGF. Hubungan antara ekspresi VEGF dan kadar GDP menunjukkan hasil yang tidak signifikan, sedangkan antara ekspresi VEGF dan TNF-α menunjukkan hasil yang signifikan dengan arah hubungan yang positif. Kesimpulan: Jus buah CP dapat menurunkan ekspresi VEGF di ginjal tikus wistar DM tipe 2. Penurunan ekspresi VEGF di ginjal tidak berhubungan dengan penurunan kadar GDP, tetapi berhubungan terhadap penurunan kadar TNF-α pada pemberian jus buah CP.
Kata kunci: Carica pubescens, DM tipe 2, GDP, TNF-α, VEGF

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Carica pubescens, DM tipe 2, GDP, TNF-α, VEGF
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program in Biomedical Science
Depositing User: heni lutfiatun
Date Deposited: 31 Jul 2023 04:25
Last Modified: 31 Jul 2023 04:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15065

Actions (login required)

View Item View Item