Search for collections on Undip Repository

PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUM DESA) KARYA LESTARI MANUNGGALTERHADAP ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA(APB DESA) DESA KEMASAN, KECAMATAN SAWIT, KABUPATENBOYOLALI_007 HAN 2023

Mahendra, Nadya Yuniar Anggit and Juliani, Henny and Solechan, Solechan (2023) PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUM DESA) KARYA LESTARI MANUNGGALTERHADAP ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA(APB DESA) DESA KEMASAN, KECAMATAN SAWIT, KABUPATENBOYOLALI_007 HAN 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Badan Usaha Milik Desa Karya Lestari Manunggal (BUM Desa Kalem) merupakan salah satu pilar ekonomi Desa Kemasan yang memiliki fungsi sebagai lembaga sosial sekaligus lembaga komersial. Sebagai lembaga komersial yang dimiliki oleh Desa, BUM Desa Kalem berkewajiban menyetorkan sebagian keuntungan usahanya ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa) Desa Kemasan. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa peran BUM Desa Kalem masih berfokus sebagai lembaga sosial dibandingkan sebagai lembaga komersial yang mampu memberikan keuntungan bagi Desa Kemasan. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis kesesuaian pengelolaan BUM Desa Kalem dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa serta menguji peran BUM Desa Kalem terhadap APB Desa Kemasan sebagai lembaga komersial pada tahun 2020 hingga tahun 2022. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris, maka metode pengumpulan data yang digunakan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dengan responden sedangkan data sekunder yang digunakan adalah studi kepustakaan. Analisis data yang dilakukan dengan cara interpretasi data adalah kualitatif dengan didukung data kuantitatif, yaitu menguraikan data hasil penelitian bukan dengan angka-angka namun berupa kata-kata naratif (argumentasi linguistik non statistik). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengelolaan BUM Desa Kalem telah sesuai dengan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa. (2) Kontribusi BUM Desa Kalem terhadap APB Desa Kemasan belum signifikan jika dibandingkan dengan penyertaan modal yang diberikan oleh desa setiap tahunnya. Hal ini disebabkan adanya kendala berupa pandemi Covid-19, keterbatasan sumber daya manusia dan terbatasnya akses permodalan. Kendala ini menyebabkan BUM Desa belum mampu melaksanakan fungsinya sebagai lembaga komersial secara optimal namun BUM Desa Kalem telah mampu menjalankan perannya sebagai lembaga sosial yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat.

Kata Kunci: Peran, Pengelolaan, Pemberdayaan, BUM Desa, APB Desa, Desa Kemasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 01 Nov 2023 02:12
Last Modified: 01 Nov 2023 02:12
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15035

Actions (login required)

View Item View Item