Search for collections on Undip Repository

OPTIMALISASI FUNGSI UNIT KERJA PENGADAAN BARANG/JASA UNTUK MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE DALAM PENGELOLAAN LAYANAN PENGADAAN BERBASIS ELEKTRONIK DIGITAL PADA PEMERINTAH KABUPATEN KUNINGAN_010 HAN 2023

DAMAYANTI, ALFINA and Solechan, Solechan and Wibawa, Kadek Cahya Susila (2023) OPTIMALISASI FUNGSI UNIT KERJA PENGADAAN BARANG/JASA UNTUK MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE DALAM PENGELOLAAN LAYANAN PENGADAAN BERBASIS ELEKTRONIK DIGITAL PADA PEMERINTAH KABUPATEN KUNINGAN_010 HAN 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Implementasi electronic procurement dilaksanakan oleh lembaga pengadaan barang/jasa yang disebut dengan Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ). Sebagai unit kerja yang menyelenggarakan pengadaan barang/jasa berbasis elektronik digital, UKPBJ memiliki fungsi yakni pengelolaan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). LPSE adalah layanan pengelolaan teknologi informasi untuk memfasilitasi pelaksanaan e-procurement. Permasalahan yang diangkat dari penulisan hukum ini adalah bagaimana optimalisasi fungsi UKPBJ Kabupaten Kuningan dalam pengelolaan LPSE untuk mewujudkan good governance. Jenis penelitian yang digunakan adalah kombinasi penelitian hukum doktrinal dan non-doktrinal dengan pendekatan penelitian perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan kualitatif. Spesifikasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi kepustakaan, serta menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan teknik penyajian data dalam bentuk uraian naratif. Hasil penelitian menyatakan bahwa pertama fungsi pengelolaan LPSE yang dijalankan UKPBJ Kabupaten Kuningan telah terselenggara sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku yaitu Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah sebagaimana diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021. Kedua, pada pelaksanaan fungsi pengelolaan LPSE yang dijalankan UKPBJ Kabupaten Kuningan untuk mewujudkan good governance telah terealisasi secara optimal dimana UKPBJ Kabupaten Kuningan sebagai lembaga bentukan negara yang merupakan government actor dalam good governance dengan fungsinya mengelola LPSE telah berhasil memenuhi standar pelayanan dan melibatkan penyedia barang/jasa sebagai perwakilan dari sektor swasta serta partisipasi masyarakat dengan melakukan pengawasan pelaksanaan pengadaan barang/jasa berbasis elektronik.
Kata Kunci : Layanan Pengadaan Secara Elektronik; Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa; Good Governance.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 01 Nov 2023 02:06
Last Modified: 01 Nov 2023 02:06
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15032

Actions (login required)

View Item View Item