Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI PRINSIP GOOD GOVERNANCE PADA PENYALURAN DANA BANTUAN SOSIAL TUNAI DI KELURAHAN KADILANGU DI MASA PANDEMI COVID-19_012 HAN 2023

ROSADA, NAMIRA SABELA and Ispriyarso, Budi and Adiyanta, FC. Susila (2023) IMPLEMENTASI PRINSIP GOOD GOVERNANCE PADA PENYALURAN DANA BANTUAN SOSIAL TUNAI DI KELURAHAN KADILANGU DI MASA PANDEMI COVID-19_012 HAN 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prinsip Good governance dalam penyaluran bantuan sosial tunai berupa transparansi dan efektivitas. Penyaluran bantuan sosial tunai merupakan program yang dikeluarkan oleh Kementerian Sosial berdasarkan pada Keputusan Menteri Sosial Nomor Republik Indonesia Nomor 86/HUK/2020 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Sosial Nomor 54/HUK/2020 tentang Pelaksanaan Bantuan Sosial Sembako dan Bantuan Sosial Tunai dalam Penanganan Dampak Corona Virus Disease 2019.Tujuan Penulisan Hukum ini tentang permasalahan mengenai bagaimana implementasi prinsip Good Governancedalam penyaluran bantuan sosial tunai di Kelurahan Kadilangu, beserta dengan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penyaluran bantuan sosial tunai.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni yuridis empiris dengan analisis kualitatif. Spesifikasi penelitian yang digunakan yaitu deskriptif analitis. Data yang digunakan merupakan data primer yang merupakan hasil dari wawancara serta data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Berdasarkan hasil penelitian, Transparansi yang dilakukan oleh Kelurahan Kadilangu yakni pemerintah desa melakukan proses pendataan bagi calon penerima bantuan sosial tunai, pendataan dilihat dari kriteria yang telah ditetapkan sehingga pelaksanaan pendataan ini berlaku transparan, adil, dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Keefektivatasan penyaluran bantuan sosial tunai efektif karena masyarakat merasakan adanya kebaikan dari pelaksanaan bantuan tersebut yang ditandai dengan rasa aman dari segi perasaan, lingkungan, dan manfaat. Program BST ini dapat membatu masyarakat mencukupi kebutuhan sehari-hari selama pandemi Covid-19.Selanjutnya, dijelaskan mengenai faktor pendukung meliputi interaksi sosial melalui sosialisasi dengan perwakilan dari setiap desa yakni ketua RT, terjalinnya komunkasi yang baik antara pemerintah desa dengan masyarakat, serta sumber daya yang berkompeten. Akan tetapi, pada saat penyaluran bantuan sosial tunai di Kelurahan Kadilangu terdapat beberapa kendala, seperti terdapat data ganda, kurangnya tingkat kesadaran masyarakat, dan dokumen yang tidak lengkap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 01 Nov 2023 02:04
Last Modified: 01 Nov 2023 02:04
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15030

Actions (login required)

View Item View Item